Doa Agar Dihindarkan dari Mimpi Buruk

Doa agar dihindarkan dari mimpi buruk:

اللّهمَّ اِنىِّ اَسْئَلُكَ رُؤْياً صاَلِحاً صاَدِقاً غَيْرَ كاَذِبَةٍ ناَفِعَةً غَيْرَ ضاَرَّةٍ

Allaahumma Innii As-Aluka Ru’Yan Shaalihan Shaadiqan Ghaira Kaadzibatin Naafi’Atan Ghaira Dhaarratin.

“Wahai tuhanku, sesungguhnya aku memohon pada-mu mimpi yang baik dan benar lagi membawa manfaat, bukan mimpi yang dusta dan juga bukan mimpi yang membawa kemudlaratan.”

Ketika malam datang, tentu sudah menjadi rutinitas umum bagi kebanyakan orang untuk segera tidur agar dapat beraktifitas dengan lebih baik dihari esok. Sebelum tidur pun banyak sekali anjuran bagi umat islam untuk melakukan ibadah, entah itu membaca surah-surah pilihan yang ada dalam Al-Qur’an atau membaca shalawat dan Doa-Doa pilihan yang memberi banyak manfaat. (Kezia Prasetya, 2023).

Dalam tidur kadang kala tidak dapat dipungkiri seseorang akan menerima sebuah mimpi. Setiap orang tentu memiliki mimpi yang berbeda-beda baik segi isi maupun tafsirannya. Sebagaimana hadis Rasulullah SAW:

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلَ اللَّهِ  صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم: الرُّؤْيَا ثَلَاثٌ، الحَسَنَةُ بُشْرَى مِنَ اللَّهِ، وَالرُّؤْيَا يُحَدِّثُ الرَّجُلُ بِهَا نَفْسَهُ، وَالرُّؤْيَا تَحْزِينٌ مِنَ الشَّيْطَانِ، فَإِذَا رَأَى أَحَدُكُمْ رُؤْيَا يَكْرَهُهَا فَلَا يُحَدِّثْ بِهَا أَحَدًا وَلْيَقُمْ فَلْيُصَلِّ َ

“Dari Abu Hurairah ia berkata; Rasulullah saw. bersabda: “Mimpi ada tiga, yaitu; mimpi baik yang merupakan kabar gembira dari Allah, dan mimpi menyedihkan yang datangnya dari Syetan, serta mimpi yang terjadi karena ilusi seseorang. Apabila salah seorang dari kalian bermimpi sesuatu yang tidak ia sukai, hendaknya ia tidak menceritakannya dan hendaknya ia berdiri lalu mengerjakan shalat.” (HR. Muslim).

Tentu kita mendapat banyak pelajaran melalui hadis tersebut, beberapa diantaranya yakni kepatutan bersyukur atas nikmat dari Allah SWT ketika kita diberi mimpi yang baik dan membahagiakan. Kemudian, kadang kala ketika mendapati mimpi buruk maka sudah menjadi kepatutan untuk kita juga agar senantiasa meminta perlindungan kepada Allah SWT dengan mengerjakan salat. Mimpi buruk pun hendaknya tidak diceritakan kepada orang lain. Dalam penafsiran mimpi-mimpi pun, para ulama berbeda pendapat mengenai hal tersebut. (Hikmawan, 2022).

Baca Juga:  Allah Telah Mengabulkan Doamu

Sebagai salah satu upaya agar terrhindar dari mimpi yang berburuk yaitu yang paling ringan adalah dengan cara berDoa. Selain Doa sebelum tidur yang ada pada umumnya, ternyata ada juga Doa agar mendapat mimpi yang baik saat tidur. Yaitu Doa yang sudah diredaksikan di atas. Doa tersebut merupakan salah satu Doa sebelum tidur agar dihindarkan dari mimpi buruk yang mengandung kemudlaratan (bahaya) dan agar diberikan mimpi yang indah. Melalui mimpi indah kerap kali seseorang mendapatkan kebahagiaan yang melahirkan kebahagiaan-kebahagiaan lai. Contohnya, saat bangun tidur seseorang tidak lagi mengkhawatirkan ini dan itu karena ia bermimpi indah, kadang pun ia berharap agar mimpi itu menjadi kenyataan. Berbeda dengan seseorang yang mendapat mimpi buruk, biasanya mereka lebih sering merasa resah. Walaupun tidak semua orang mengalami hal tersebut. []

Afaf Afrah
Mahasiswi Jakarta

    Rekomendasi

    Tinggalkan Komentar

    More in Doa