Keutamaan Membaca Al-Qur’an

Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam yang diturunkan oleh Nabi Muhammad SAW yang berisi firman Allah dan diturunkan dengan perantara malaikat jibril. Al-Qur’an diturunkan sebagai pedoman kehidupan manusia. Yang mana pedoman dari kehidupan manusia ini adalah untuk menata kehidupan manusia agar memperoleh kehidupan yang bahagia serta sejahtera dunia hingga akhirat. Didalamnya Al-Qur’an mengandung pokok bahasan yang digunakan oleh manusia untuk menjalani kehidupan agar lebih bermanfaat.

Jika seseorang ingin hidup  bahagia dunia dan akhirat, kuncinya adalah berpegang teguh pada Al Qur-an. Al-Qur’an membawa ketenangan dan ketentraman jiwa bagi siapa saja yang membaca dan mengamalkannya. Banyak sekali hikmah yang bisa diambil dari membaca dan mengamalkan Al-Qur’an salah satunya adalah dapat membawa keberkahan, kebaikan, serta ketentraman dalam hidup. Hidup dengan berpedoman kepada Al-Qur’an akan lebih terarah dan menuju ke dalam jalan yang lurus. Rasulullah SAW pernah bersabda: “Ibadah yang paling istimewa adalah membaca Al-Qur’an dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari”. Berikut keutamaan membaca Al-Qur’an:

a). Bernilai Ibadah

Al-Qur’an dapat bernilai ibadah bagi yang membacanya. Inilah keistimewaan Al-Qur’an yang tidak ada pada kitab yang lain. Allah menjanjikan 10 kebaikan jika seseorang membaca 1 huruf yang ada dalam Al-Qur’an. Ini yang membuat Al-Qur’an amat istimewa. Allah akan menjamin hidup seseorang jika orang tersebut berpedoman kepada Al-Qur’an.

b). Mendapatkan Keberkahan

Al-Qur’an senantiasa membawa keberkahan bagi siapa saja yang membaca serta mengamalkannya. Tujuan utama diturunkannya Al-Qur’an adalah sebagai petunjuk hidup untuk manusia, oleh karenanya Al-Qur’an selalu membawa keberkahan dan kebermanfaatan. Allah sudah menjamin bahwa orang yang membaca Al-Qur’an tidak akan merugi sedikitpun, akan tetapi Allah selalu melimpahkan pahala yang amat besar. Sungguh luar biasa keistimewaan Al-Qur’an.

Baca Juga:  Tingkatan Orang dalam Membaca al-Qur'an

c). Terasa Dekat dengan Allah

Karena Al-Qur’an ini merupakan Kalamullah yang berarti kalam Allah. Berarti Al-Qur’an ini merupakan kitab Allah. Barangsiapa yang membaca Al-Qur’an, maka jiwa dan hatinya akan dekat dengan Allah. Al-Qur’an dapat menjadikan kita dengan sang pencipta. Dengan begitu, hati kita, pikiran kita akan tentram dan selalu dekat dengan Allah SWT.

d). Mengingat akan Kebesaran Allah

Dalam Al-Qur’an banyak sekali ayat-ayat yang menjelaskan berbagai peristiwa yang belum terjadi maupun yang sudah lama terjadi. Jika dilihat dari penciptaan bumi beserta isinya hingga gambaran kiamat yang nantinya pasti terjadi, Al-Qur’an adalah wujud dari kebesaran Allah. Di dalam Al-Qur’an berbagai macam kebesaran Allah dijelaskan, dari hal-hal yang luar biasa dahsyatnya semua sudah ada di dalam Al-Qur’an. Nah jika kita membaca Al-Qur’an kita bisa mengetahui kebesaran Allah SWT.

e). Mengangkat Derajat Manusia

Al-Qur’an menjamin kebahagiaan. Allah mampu mengangkat derajat manusia meskipun selama hidup di dunia penuh dengan segala kekurangan dengan membaca Al-Qur’an. Barangsiapa yang membaca Al-Qur’an dan mengamalkannya, Allah menjamin kelak hidupnya di akhirat akan bahagia. Janji Allah nyata adanya. Al-Qur’an dapat mengangkat derajat keimanan seseorang kelak di akhirat.

f). Mendapatkan Syafa’at kelak di Akhirat

Syafa’at merupakan penolong ketika nanti di akhirat. Al-Qur’an bisa menjadi penolong ketika di akhirat jika kita senantiasa membacanya. Membaca Al-Qur’an merupakan penolong disaat kelak kita dihadapkan dengan siksaan yang begitu kejam. Jadi mulai saat ini, rajin-rajinlah membaca Al-Qur’an, karena kelak ia akan menjadi amal penolong kita ketika di akhirat.

g). Menjadi Hamba yang Paling Baik Disisi Allah

Al-Qur’an bukan hanya menjadi kita sebagai hamba yang paling dekat dengan Allah, juga menjadikan kita hamba yang paling baik disisi-Nya. “Sebaik-baiknya kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya” (HR. Bukhari). Dari kutipan hadist tersebut menjelaskan bahwa pentingnya membaca dan mengamalkan Al-Qur’an, sebaik-baik kalian merupakan hamba yang paling baik di sisi Allah. Dengan Al-Qur’an menjadikan kita hamba yang paling baik disisi Allah. Sungguh begitu mulianya kita dengan membaca dan mengamalkan Al-Qur’an. Karena Al-Qur’an dapat menjadikan kita mulia disisi Allah SWT.

Baca Juga:  Keutaamaan Ilmu

h). Membersihkan Hati dan Memberikan Ketenangan Hidup

Membaca Al-Qur’an merupakan obat dari segala permasalahan hidup. Dengan membaca Al-Qur’an seberat apapun masalah yang kita hadapi dapat menenangkan jiwa dan hati. Membersihkan hati yang kotor akan prasangka buruk serta penyakit hati bisa dengan membaca Al-Qur’an. Membaca Al-Qur’an dapat menghilangkan penyakit hati serta prasangka yang buruk, dengan begitu hati menjadi bersih serta terbebas dari berbagai macam penyakit yang dapat merusak jiwa. Hidup juga menjadi tenang dan tentram. []

Risky Arisma
Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya

    Rekomendasi

    Tinggalkan Komentar

    More in Opini