Memahami Korban Seksual terhadap Perempuan melalui karya Fiksi Novel Hilda

Dari sekian novel yang sudah dibaca oleh penulis, nampaknya dalam memahami tentang relasi antara laki-laki dan perempuan agar tidak terjadi ketimpangan gender, diskriminasi satu sama lain, peran ganda akibat jenis kelamin, karya fiksi novel yang berjudul “Hilda” yang ditulis oleh Muyassaroh Hafidzoh menjadi salah satu novel rekomendasi yang disiplin menyemarakkan masalah perempuan khususnya kekerasan seksual yang terjadi kepada perempuan, serta bagaimana memaknai kehidupan dengan cara yang seimbang.

Mengawali tulisan dengan konflik kekerasan seksual yang menjadi salah satu isu pembahasan dalam Kongres Ulama Perempuan Indonesia (KUPI), penulis menyajikan data yang mencengangkan tentang kekerasan seksual, data perhari terjadinya kekerasan seksual pada perempuan menjadi fakta yang tragis bagi pembaca baru, khususnya bagi pembaca perempuan yang selama ini tidak menjadi minat kajiannya.

Tidak heran, apabila masih banyak sesama perempuan yang justru menjatuhkan perempuan lain, menganggap masalah perempuan adalah hal biasa, padahal kaum perempuan merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Dalam artian, kasus kekerasan seksual menjadi salah satu permasalahan perempuan secara kompleks yang harus dipecahkan bersama.

Data perhari terjadinya kekerasan seksual, minimal 2-3 orang dalam setiap hari, dimana korbannya adalah perempuan (hlm.3).  Tokoh Hilda sebagai pemeran utama digambarkan sebagai perempuan yang menjadi korban kekerasan seksual yang mengakibatkan hamil diluar nikah. Perempuan cerdas dengan kemampuas diatas rata-rata kehilangan masa depannya atas kejadian nahas yang menimpa dirinya.

Konflik sosial yang terus menghantui sosok Hilda serta bu Zubaidah menjadi cerminan kepada pembaca bahwa masyarakat kita belum mampu berperilaku adil untuk membedakan antara perkosaan dan perzinahan. Bahkan lembaga pendidikanpun enggan menerima kejadian yang secara nalar bukan atas kehendak Hilda, salah satunya dengan mengeluarkannya dari sekolah.

Baca Juga:  Maria Ulfah Santoso, Perempuan Aktivis Hak-Hak Perempuan Asal Serang

Tidak hanya itu. Digambarkan secara gamblang, bagaimana aparatur negara juga menjadi cerminan perilaku tidak adil dalam menangani permasalahan kasus kekerasan seksual pada perempuan. Salah satunya dengan memberikan pertanyaan yang menyinggung, apalagi mengintrogasi sang korban yang jiwanya sedang terguncang (hlm.104).

Namun, beruntungnya masih ada laki-laki beserta keluarganya yang mampu menerima sosok Hilda dengan berbagai kekurangan yang dimiliki. Relasi keluarga yang digambarkan oleh Hilda dan mas Wafa sebagai tolok ukur penerapan kehidupan rumah tangga yang mengisi kekurangan satu sama lain, membantu mengisi kekurangan dibalik individu antara laki-laki dan perempuan.

Menerima Hilda dengan berbagai kekurangan serta kejadian masa lampau yang jelas-jelas bukan kehendak dirinya, disampaikan oleh penulis dengan santun melalui karakter Wafa yang menerima Hilda apa adanya. Memberikan kenyamanan terhadap Hilda yang masih membekas kejadian pemerkosaan pada masa lampau.

Sebagai perempuan yang mengalami hypoactive sexual desire disorder (hlm.232), Hilda menanggung beban akibat kekerasan seksual yang dialami pada masa SMA. Penolakan dirinya menjadi seorang istri dari sosok laki-laki yang bernama Syam, membuat ia mengalami patah yang kedua kali setelah mengalami kekerasan seksual.

Hingga melahirkan anak laki-laki sosok yang bernama kareem, ibunya yang baru saja ditinggal oleh sang suami menjelma sosok superhero yang luar biasa. Mulai dari ketika menemani sang putri hamil, memberikan perhatian yang penuh terhadap Hilda serta mengasuh dan merawat si Kareem dengan berbagai kekuatan yang diberikan kepada Hilda untuk tetap melanjutkan pendidikan hingga jenjang S2.

Lingkungan pesantren, Bu Nyai beserta keluarga besar, serta Andin sebagai sahabat terdekat menjadi saksi trauma dirinya atas kekerasan seksual yang dialami. Proses mencari ilmu dengan menempuh pendidikan pesantren, memperbaiki diri dengan ilmu agama menjadi salah satu alternatif yang ditempuh oleh sosok Hilda untuk menyembuhkan dirinya.

Baca Juga:  Fiksi Akhlaki Dalam Antologi Cerpen Lipstick

Digambarkan serius diawal dengan menggunakan bahasa yang serius, membuat pembaca akan merasa jenuh dengan cerita awal, apalagi masih banyak typo tulisan yang terdapat dalam tulisan tersebut. Selain itu, gambaran cerita yang disampaikan oleh penulis masih membuat ambigu pembaca, tokoh Hilda yang ditampilkan pada tengah cerita oleh penulis, masih menyisakan misteri bagi pembaca tentang jalan cerita yang disampaikan. [HW]

Muallifa
Mahasiswi IAIN Madura, penulis buku “ Mahasiswa Baper No! Produktif Yes!”

    Rekomendasi

    Kebiasaan Membaca
    Opini

    Kebiasaan Membaca

    Kebiasaan Membaca itu penting bagi kehidupan. Ada yang memiliki kebiasaan membaca tinggi, tapi ...

    2 Comments

    1. […] dari zaman kejayaan Kediri yang dipimpin raja Jayabaya. Kakawin Baratayuda memaparkan bahwa perempuan tak hanya di rumah, mereka juga tampil di medan laga dan bertempur habis-habisan sebagai […]

    2. […] orang tua dan masyarakat sedini mungkin. Agar, hasrat untuk melakukan hal yang serupa (perilaku kekerasan seksual dan pelecehan seksual) dapat diminimalisir, sebab dia sudah memiliki bekal (pemahaman) yang utuh […]

    Tinggalkan Komentar

    More in Opini