Seminar Nasional Moderasi Beragama di Era Digital

Pesantren.id – Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen (IAINU Kebumen) menyelenggarakan Seminar Nasional “Moderasi Beragama di Era Digital”, Minggu 11 Desember 2022 di Auditorium IAINU Kebumen. Kegiatan ini menghadirkan narasumber Dr. Abdullah Hamid, M.Pd., selaku Instruktur Moderasi Beragama Kementerian Agama RI sekaligus Dosen di UIN Sunan Ampel Surabaya serta Dr. Wildan Hefni, M.A., Kepala Pusat Penelitian LP2M UIN KHAS Jember. Peserta kegiatan ini terdiri dari keterwakilan mahasiswa, dosen, dan tamu undangan sejumlah 350 peserta.

“Seminar moderasi beragama ini bertujuan untuk memberikan pemahaman moderasi beragama dalam menjaga toleransi beragama di masyarakat dengan adanya perkembangan era digital saat ini”, ungkap Agustin Pangestuti selaku Presiden Mahasiswa dan Ketua Panitia.

Kepala Kankemenag Kebumen H. Ibnu Assasudin, S.Ag., M.Ag. memberikan sambutan dan motivasi kepada mahasiswa untuk merespon secara cepat adanya perubahan yang terjadi dari berbagai aspek. Fikria Najitama, M.S.I selaku Rektor IAINU Kebumen membuka acara seminar dengan menyampaikan bahwa mahasiswa IAINU Kebumen harus menerima perubahan secara cepat serta bersiap adanya estafet kepemimpinan di segala bidang.

Abdullah Hamid menyampaikan materi tentang literasi digital di dunia pendidikan Islam. Saat ini minat baca masyarakat sangat rendah, khususnya mahasiswa. Selain itu banyak sekali literasi pada media online banyak dikuasi oleh paham-paham yang cukup radikal, sehingga mahasiswa perlu memilih sumber-sumber informasi yang terpercaya. Sedangkan Wildan Hefni menyampaikan materi tentang overdosis beragama, perlunya toleransi yang terbangun antar umat manusia sebagai wujud dari moderasi beragama. []

Baca Juga:  Stadium General STAIN Madina Mahasiswa Agen Moderasi Beragama
Redaksi
Redaksi PesantrenID

Rekomendasi

Tinggalkan Komentar

More in Berita