Point Penting Berolahraga bagi Muslimah

Membiasakan diri dalam berolahraga akan membuat seseorang menjadi sehat fisik dan juga jiwanya, mereka cenderung memiliki jiwa yang lebih tenang serta mempu bersikap lebih positif.

Dalam agama islam juga tidak ada larangan bagi kaum wanita untuk berolahraga, bahkan menganjurkan wanita-wanita muslimah untuk melakukan olahraga. Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam sendiri pernah mengajak istrinya yaitu Aisyah radhiyallahu’anha berolahraga.

Aisyah radhiyallahu’anha berkata bahwa “Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam mengajakku lomba lari dan aku mengalahkannya. Kemudian aku berdiam diri sampai aku menjadi gemuk. Kemudian Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam mengajakku lomba lari dan beliau mengalahkanku. Beliau bersabda : ‘Ini sebagai balasan dari lomba yang lalu.”

Sejatinya kegiatan olahraga itu sendiri dapat dilakukan oleh pria maupun wanita, karena tujuan dari olahraga adalah untuk mencapai tubuh yang sehat dan terhindar dari penyakit. Namun ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan muslimah ketika berolahraga agar bernilai ibadah dan tidak melanggar syariat islam. Beberapa hal yang harus diperhatikan saat olah raga antara lain adalah :

Menutup Aurat

Menutup aurat adalah point utama pakaian disebut sesuai dengan hukum islam. Batas aurat yang harus ditutup dari seorang muslimah adalah meliputi seluruh tubuh kecuali telapak tangan dan bagian wajah saja.

Maka dari itu saat berolahraga kenakanlah pakaian yang longgar dan tidak memperlihatkan lekuk tubuh. Dapat juga menggunakan pakaian olahraga untuk muslimah yang sudah banyak diperjual belikan dipasaran.

Alternatif lain adalah dengan menggunakan t-shirt longgar berlengan panjang, atau dapat menggunakan hoodie, dengan bawahan celana training agar lebih leluasa bergerak.

Area khusus wanita

Tempat olahraga yang umum seperti kolam renang, tempat fitnes, dan lain lain. tentunya dapat menampung banyak orang baik laki-laki maupun perempuan, sehingga ada kemungkinan tersingkapnya aurat saat melalukan olahraga. Hal ini bisa sangat tidak nyaman bagi muslimah terlebih lagi itu adalah tempat umum.

Baca Juga:  Humor Gus Muwafiq Tentang Perempuan Cantik

Agar berolahraga menjadi lebih tenang, kamu dapat memilih tempat olahraga yang khusus untuk perempuan. Ini dapat menjadi alternatif agar tidak ada percampuran antara lawan jenis di area yang sama.

Olahraga dirumah

Olahraga didalam rumah juga tidak kalah efisien dengan olahraga yang dilakukan diluar rumah. Selain lebih menghemat biaya untuk transportasi dan lain-lain, berolahraga dirumah juga dapat menghindarkan dari fitnah yang mungkin terjadi ditempat olahraga umum. Ada berbagai macam olahraga yang tidak membutuhkan alat khusus untuk melakukannya seeperti push-up atau squat, dapat juga melakukan olah raga dengan memanfaatkan barang-barang yang sudah ada dirumah seperti naik turun tangga atau push-up dinding. Saat ini juga banyak video olahraga yang bisa bipraktekkan di rumah.

Apapun jenis olahraganya selagi dilakukan dengan senang hati dan konsisten akan menjadi kebiasaan positif yang baik bagi tubuh, dapat lebih menstabilkan emosi, dan pastikan untuk menutup aurat agar tidak melanggar syariat.

Hanifah Muslimah
Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya

    Rekomendasi

    Menjadi pejuang
    Hikmah

    Menjadi Pejuang

    Melanjutkan serial tulisan tentang pesan-pesan bapak kepada para guru dan pengurus, kali ini ...

    Tinggalkan Komentar

    More in Perempuan