Guru BK Rumah Perubahan Mental Siswa

Mental dapat menyebabkan masalah krusial dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya dapat merusak interaksi atau hubungan baik dengan teman sejawat tetapi juga pada masyarakat sekitar, tak hanyal apabila mental tidak sehat sangat berpengaruh terhadap proses belajar yang berakibat pada  prestasi di sekolah dan produktivitas tumbuh kembangnya pola hidup sehat.

Kesehatan mental perlu dijaga dan sesegera mungkin harus diatasi,  jika mempunyai masalah bisa langsung mencari obat atau solusi agar segera tertangani dengan baik. maka dalam hal ini  guru BK penting sekali untuk menjadi rumah tempat peraduan siswa dalam menangani kecemasan yang disebabkan dari berbagai faktor dan jenis apa saja yang membuatnya cemas. ada beberapa jenis penyakit mental yang perlu kita kenali diantaranya.

Anxiety Disorder

Anxiety Disorder disebut juga  gangguan kecemasan saat merespons suatu objek atau situasi. Contohnya kecemasan di tempat umum atau keramaian, kepanikan dan fobia terhadap sesuatu, termasuk dalam Anxiety Disorders,   penyakit ini biasanya sangat berpengaruh terjadi kepada siswa yang efeknya sering temangu/termenung sendirian dan ketika ada seseorang menyapanya atau bertanya susuatu acap kali responsnya kurang baik atau bahkan ngelantur kemana-mana.

Mood Disorder

Mood Disorders disebut juga gangguan afektif atau gangguan kejiwaan yang memengaruhi perasaan seseorang. Pengertian mental di sini, berupa perpindahan emosional yang ekstrem dari semula bahagia berubah mendadak menjadi sedih juga termasuk dalam gangguan ini, atau yang lebih kita kenal dengan Bipolar Disorders. Hal ini seperti ini sering terjadi pada siswa yang kurang perhatian dari keluarganya, biasanya sering terjadi pada siswa yang orang tuanya broken home atau ditinggal merantau keluar.

Eating Disorder

Eating Disorders atau gangguan makan ini melibatkan emosi, sikap, dan perilaku ekstrem yang memengaruhi berat badan dan makanan penderitanya. Merasa selalu kelaparan dimanapun dan kapanpun atau tidak memiliki selera makan sama sekali adalah gejala yang umum diperhatikan. Anoreksia Nervosa dan Bullmia Nervosa termasuk dalam gangguan mental ini.

Baca Juga:  Guru yang Menginspirasi, Andakah Itu?
Personality Disorders

Personality Disorders disebut gangguan pada pola pikir yang berbeda pada umumnya, cara berpikirnya terkesan kaku, sehingga mengganggu fungsi normal penderita terhadap sekitar. Contohnya adalah perilaku antisosial dan sifat paranoid terhadap lingkungannya.

Post-Traumatic Stress Disorders (PTSD)

Penderita PTSD memiliki pikiran dan kenangan yang abadi dan menakutkan dari pengalamannya di masa lalu, penderita gangguan ini cenderung mati rasa secara emosional. maka hal ini butuh pengawasan dan pendampingan khusus supaya diberikan arahan-arahan baik.

Impulse Control and Addition Disorders (ICAD)

ICAD merupakan istilah bagi orang yang mengalami penyakit mental berupa kecanduan terhadap sesuatu. Penderita gangguan ini tidak dapat menahan dorongan untuk melakukan tindakan yang dapat membahayakan diri sendiri atau orang lain. Orang yang menderita gangguan ini sangat berakibat pada hal-hal yang berkaitan dengan  tanggung jawab atau suatu hubungan dengan orang di sekitarnya.

Pengertian mental, adalah kondisi di mana individu memiliki kesejahteraan yang tampak dari dirinya yang mampu menyadari potensinya sendiri, memiliki kemampuan untuk mengatasi tekanan hidup normal pada berbagai situasi dalam kehidupan, mampu bekerja secara produktif dan menghasilkan, serta mampu memberikan kontribusi kepada komunitasnya.

Beberapa jenis penyakit mental diatas menjadi rujukan bagi guru BK terkait bagaimana cara menangani siswa yang mentalnya bermasalah, maka guru BK pantas dijadikan rumah perubahan mental karena bagi guru BK kesehatan mental adalah hal urgen yang harus diperhatikan.

Tidak khayal jika Seseorang yang bermental sehat dapat menggunakan kemampuan atau potensi dirinya secara maksimal dalam menghadapi tantangan hidup, serta menjalin hubungan positif dengan orang lain. Sebaliknya, orang yang kesehatan mentalnya terganggu akan mengalami gangguan suasana hati, kemampuan berpikir, serta kendali emosi yang pada akhirnya bisa mengarah pada perilaku buruk. []

Muhammadun Aji
Alumni PPA. Lubangsa Utara dan sekarang mengabdi di Madrasah Tsanawiyah 1 Annuqayah.

Rekomendasi

Tinggalkan Komentar

More in Opini