Tingkatan Bersesuci Menurut Imam Al-Ghazali

Kita sering mendengar bahwa kebersihan adalah sebagian dari pada iman. Meskipun kita tidak tahu secara persis makna kebersihan yang sesungguhnya. Bahkan Hujjatul Islam Imam Al-Ghazali menulis bab tersendiri terkait rahasia bersesuci dalam karya monumentalnya Ihya’ Ulumuddin.

Imam Ghazali dalam kitab mukhtasor ihya’ halaman 25 (cet. Dar Al-Kutub Islamiyah) menukil beberapa hadits dan ayat al-Qur’an yang bersinggungan dengan bersesuci. Diantaranya adalah sabda Rasulullah SAW. :

اَلْوُضُوْءُ سَطْرُالْإِيْمَانِ

Artinya: “Wudhu adalah sebagian dari iman.”

Wudhu yang dimaksud adalah membersihkan diri ketika hendak melaksanakan sholat. Dalam hadis lain juga disebutkan :

بُنِيَ الدِّيْنُ عَلَى النَّظَافَةِ

Artinya: “Agama dibangun diatas kebersihan.”

Allah swt juga berfirman dalam surat At-Taubah ayat 108 :

فِيْهِ رِجَالٌ يُحِبُّوْنَ اَنْ يَتَطَهَّرُوْا

Artinya: “Allah mencintai orang-orang yang membersihkan diri.”

Dari dalil-dalil di atas kita bisa mengetahui pentingnya kebersihan. Lebih lanjut lagi, Imam Ghazali lalu membagi tingkatan bersesuci dalam empat tingkatan :

Pertama adalah mensucikan dzohir dari hadas. Artinya kita membersihkan fisik atau tubuh kita dari sesuatu yang menghalangi terhadap sahnya sholat. Baik itu hadas besar ataupun hadas kecil. Baik kesucian tempat, pakaian ataupun perlengkapan yang digunakan untuk shalat.

Kedua adalah mensucikan fisik kita dari perilaku jahat, buruk atau perbuatan yang menimbulkan dosa. Memang, pada tingkatan yang kedua ini adalah dari dorongan hati, namun dalam pekerjaanya dilakukan oleh fisik itu sendiri, seperti mencuri, berzina dan lain-lain.

Ketiga adalah membersihkan hati dari akhlak yang buruk. Artinya perbuatan tercela yang ada di dalam hati, yang tidak tampak oleh mata, seperti iri, dengki, dan su’udzan.

Keempat itu lebih dalam lagi, yakni  membersihkan hati dari selain Allah. Yang ke empat ini adalah bersesucinya para nabi dan para shadiqin.

Baca Juga:  Gus Dur, Islam Nusantara, dan Filsafat 'Gitu Aja Kok Repot'

Pada masing-masing tingkatan bersesuci tersebut mengandung dua hal, yaitu takhliah dan tahliah. Takhliah dengan menggunakan kha’ bermakna mengosongkan atau membersihkan. Sedangkan tahliah menggunakan ha’ bermakna menghiasi.

Sehingga, selain harus membersihkan diri dari sifat sifat yang buruk, juga diharuskan untuk menghiasi diri dengan perbuatan yang terpuji. Selain membersihkan anggot jiwa kita dari dosa, tapi juga menghiasi diri kita dengan perbuatan taat.

Maka hendaknya kita tidak menyangka bahwa apa yang dimaksud dengan kebersihan hanya kebersihan secara dzohir saja. Serta jangan pula menyangka bahwa untuk melalui empat tingkatan bersesuci dengan mudah dan waktu yang singkat. Bahkan seandainya umur kita Panjang, paling tidak kita hanya mencapai sebagaian empat tingkatan tersebut.

Kiai Zuhri Zaini, Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Jadid (Probolinggo) sering mencontohkan timbal balik kita dengan lingkungan ketika kita menjaga kebersihan. Jika kita tidak peduli terhadap lingkungan dan membiarkan lingkungan kita kotor begitu saja, maka akibatnya akan kembali kepada diri kita, seperti timbulnya berbagi macam penyakit.

Demikianlah ulasan singkat mengenai tingkatan bersesuci menurut Imamuna Al-Ghazali. Semoga hal ini dapat menjadi wawasan yang bermanfaat dan berkah kepada kita. Amiin. Sekian. Terima kasih. []

Zillul 'Ain
Santri semester tiga di Mahad Aly Nurul Jadid dan aktif di kelas literasi Badan Eksekutif Mahasantri (BEMs) Mahad Aly Nurul Jadid.

    Rekomendasi

    Tinggalkan Komentar

    More in Pustaka