Semarakkan Ramadhan, Ma'had al-Jami'ah Gelar Karama XI 1443

Pesantren.id – Bandar Lampung–Dalam rangka menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1443 H, Ma’had al-Jami’ah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN RIL) kembali menggelar serangkaian acara yang dikemas dalam kegiatan ‘Kampus Ramadhan’ (Karama).

Kegiatan yang diadakan mulai tanggal 4-13 April secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Idrus Ruslan, M.Ag pada Senin (4/22).

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Mahasantri Ma’had al-Jami’ah. Kegiatan berlangsung di Asrama Puteri 2 Ma’had al-Jami’ah UIN RIL.

Fathur Rahman, Pengurus Ma’had al-Jami’ah, selaku ketua pelaksana menjelaskan bahwa ‘Karama’ merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap tahunnya oleh Ma’had al-Jami’ah.

“Untuk rangkaian kegiatan Karama XI 1443 ini, kami mengadakan beberapa kegiatan. Di antaranya, Tadarus al-Qur’an, Kajian Kitab Kuning, Kajian Kitab Mukhtar al-Hadits, Kajian Tematik, Kultum, Bakti Amal, dan Ngabuburit.

Rangkaian kegiatan dari agenda ‘Karama’ tersebut kemudian ia jelaskan secara lengkap. Diawali dengan Kajian Tematik sejak 4 April-13 April (2-11 Ramadhan). Dan beragam kegiatan harian seperti Kajian kitab Mukhtar al-Hadits, Kajian Kitab Kuning, Kultum, Tadarus al-Qur’an, Shalat Tahajjud, Saur bersama, Sholat berjamaah, dan Buka Bersama.

Selain kegiatan rutin tersebut, Fathur juga menambahkan ada 2 agenda besar dalam Karama, yaitu santunan untuk anak yatim dan buka bersama untuk seluruh Mahasantri Ma’had al-Jami’ah.

Acara dilanjutkan dengan sambutan Mudir Ma’had, Ust Muhammad Nur, M. Hum.
Beliau menuturkan, bahwa kegiatan Karama akan diperpanjang sampai Ramadhan ke-20 atas anjuran dari Rektor UIN RIL sebagai upaya membumikan al-Qur’an di lingkungan kampus–khususnya di masjid Safinatul Ulum.

Beliau juga berharap agar Ramadhan ini benar-benar untuk dihidupkan.
”Saya berharap Ramadhan benar-benar kita hidupkan, meskipun perut panas karena lapar, mulut panas karena haus, tapi sebab bulan Ramadhan adalah sayyid as-syuhur( rajanya bulan) maka mari betul-betul kita nikmati” Ungkapnya.

Baca Juga:  Pendidikan Anak dari Rumah Selama Ramadan di Belanda

Sementara itu, dalam sambutan Warek III, Dr. Idrus Ruslan, M.Ag mengajak jama’ah untuk menyemarakkan Ramadhan dengan penuh suka cita.
Beliau juga mengungkapkan rasa syukur dan terimakasih kepada segenap keluarga Ma’had al-Jami’ah yang telah mengadakan kegiatan ‘Kampus Ramadhan’.

“Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh keluarga besar Ma’had al-Jami’ah yang telah menghidupkan Ramadhan di kampus UIN RIL dengan nuansa kegiatan positif, sehingga kegiatan ini mengajak kita untuk menempa dan memaknai bulan suci dengan sebaik mungkin” Tuturnya.

Momentum Karama ini telah menjadi agenda tahunan Ma’had al-Jami’ah dalam upaya menyemarakkan bulan suci Ramadhan.
Dalam penyelenggaraannya, Karama tidak hanya penyampaian materi secara teori semata, namun turut menyajikan kegiatan untuk melatih mental dan kecakapan dalam membawakan sebuah pesan agama.

Karama juga menjadi syarat bagi Mahasantri yang ingin lanjut di seleksi Mudabbir dan Mu’allim. []

Redaksi
Redaksi PesantrenID

Rekomendasi

1 Comment

  1. […] malam yang didalamnya diturunkan Al-Qur’an, tepatnya pada salah satu dari malam-malam bulan Ramadhan. Diturunkan-Nya Al-Qur’an dari Lauhul mahfudz, kemudian ditempatkan di langit dunia, tepatnya di […]

Tinggalkan Komentar

More in Berita