jamaah tarekat naqsabandiyah

“Miftâh al-Shudûr”: Kitab Ajaran Tarekat Qadiriah Naqsyabandiah (TQN) Suryalaya Himpunan KH. Ahmad Shohibul Wafa Tajul Arifin (Abah Anom)

Pesantren Suryalaya di Kabupaten Tasikmalaya (Jawa Barat) menjadi salah satu pusat terbesar bagi perkembangan ajaran Tarekat Qadiriah Naqsyabandiah (TQN) di Nusantara, khususnya di kawasan Priangan di Tatar Sunda.

Tarekat Qadiriah Naqsyabandiah (TQN) adalah sebuah ordo tasawuf yang diinisiasi pada pertengahan abad ke-19 M oleh Syaikh Ahmad Khatib Sambas (w. 1875), seorang ulama sufi besar asal Nusantara yang berkedudukan di Makkah. TQN merupakan penggabungan dua aliran tarekat yang telah berkembang sebelumnya, yaitu Tarekat Qadiriah (dinisbatkan kepada Syaikh Abdul Qadir al-Jailani, w. 1166) dan Tarekat Naqsyabandiah (dinisbatkan kepada Syaikh Baha’uddin al-Naqsyabandi, w. 1389).

Pada perjalannya di kemudian hari, TQN pun menjadi salah satu tarekat dengan jumlah pengikut yang banyak dan peta persebaran yang luas di kawasan kepulauan Nusantara. Syaikh Ahmad Khatib Sambas memiliki beberapa orang murid sekaligus khalifahnya dalam tarekat yang diinisiasinya itu, yang dalam sejarah perkembangannya memainkan peran penting dalam persebaran ajaran tarekat tersebut.

Di antara murid Syaikh Ahmad Khatib adalah Syaikh Abdul Karim Banten yang berkedudukan di Makkah, Syaikh Thalhah Kalisapu Cirebon (Jawa Barat), Syaikh Hasbullah Madura, Syaikh Nuruddin Tekarang (Sambas), Syaikh Sa’ad Selakau (Kalimantan Barat), Syaikh Muhammad Garut di Jabal Abu Qubays (Makkah), Syaikh Abdurrahman Bali (yang menghimpun risalah Fath al-‘Ârifîn yang berisi ajaran Syaikh Ahmad Khatib Sambas dan manual TQN), dan juga Syaikh Marzuqi Banten (Makkah).

Di Nusantara, rata-rata silsilah TQN yang berkembang saat ini berasal dari tiga jalur periwayatan yang masyhur, yaitu jalur Syaikh Abdul Karim Banten (Makkah), jalur Syaikh Thalhah Kalisapu Cirebon (Jawa Barat), dan jalur Syaikh Hasbullah Madura (Jawa Timur).

Jalur Syekh Abdul Karim Banten (Makkah) menurunkan jaringan murid Kiyai Asnawi Caringin (Banten), Kiyai Asy’ari Bakom (Bogor), Kiyai Arsyad Thowil Banten (Minahasa), Kiyai Tubagus Falak (Bogor), Kiyai Ibrahim Brumbung (Demak) lalu menurun lagi ke Kiyai Abdurrahman Mranggen (Demak), dan lain-lain. Adapun jalur Syekh Ahmad Hasbullah Madura menurunkan jaringan murid Syekh Tamim Peterongan (Jombang), lalu menurunkan Kiyai Usman al-Ishaqi (Surabaya). Sementara itu jalur Syekh Thalhah Kalisapu (Cirebon) menurunkan jaringan murid Kiyai Abdullah Mubarok Suryalaya (Abah Sepuh) lalu menurun lagi kepada Kiyai Ahmad Shohibul Wafa Tajul Arifin Suryalaya (Abah Anom).

Perjalanan Pesantren Suryalaya
Pesantren Suryalaya, yang menjadi salah satu pusat persebaran TQN terpenting di Nusantara, didirikan pada tahun 1904 oleh Kiyai Abdullah Mubarok b. Nur Muhamad (w. 1956) atau yang juga dikenal dengan nama “Abah Sepuh”. Jaringan keilmuan Abah Sepuh terhubung dengan para ulama besar Nusantara yang menjadi gurunya, di antaranya adalah Kiyai Kholil Bangkalan (Madura, w. 1925) dan Syaikh Tholhah Kalisapu (Cirebon, w. 1935).

Syaikh Tholhah Kalisapu, yang menjadi (salah satu) khalifah TQN dan mewarisi ajarannya dari Syaikh Ahmad Khatib Sambas, kemudian menurunkan kekhalifahan dan kemursyidan TQN-nya kepada Abah Sepuh Suryalaya. Sementara itu, Abah Sepuh kemudian menurunkan kekhalifahan dan kemursyidan TQN-nya kepada putra sekaligus muridnya, yaitu Abah Anom (w. 2011).

Di antara ajaran luhur tasawuf TQN Suryalaya dan silsilahnya ini tertuang dalam kitab “Miftâh al-Shudûr li al-Tabarruk fî Tharîq al-Rabb al-Ghafûr”. Kitab ini dihimpun oleh Abah Anom dan ditulis dalam bahasa Arab.

Saya menjumpai naskah kitab “Miftâh al-Shudûr” ini di kediaman sahabat saya, Ajengan Ahmad Muhibbuddin Mu’thi di Pesantren Nurul Fata Cikondang, Sukabumi (Jawa Barat). Tertulis pada halaman sampul naskah:

مفتاح الصدور / للتبرك في طرق الرب الغفور / المجموع من كلام العلماء الكبار //
جمعه الفقير الى عفو ربه القدير / الحاج أحمد صاحب الوفاء تاج العارفين / سوريلاي – تاسكملاي / اندونيسيا جوا برات

(“Miftâh al-Shudûr” [Kunci Pembuka Hati]/ untuk Mengais Keberkahan Jalan Rabb Yang Maha Ghafur/ yang Diramu dari Perkataan Para Ulama Besar // Dihimpun oleh seorang yang fakir kepada ampunan Rabbnya yang Maha Qadir/ Haji Ahmad Shahibul Wafa Tajul Arifin/ Suryalaya, Tasikmalaya/ Indonesia, Jawa Barat)

Jumlah keseluruhan halaman kitab “Miftâh al-Shudûr” adalah 31 halaman dan terbagi ke dalam muqaddimah serta lima buah pasal dan satu buah bab pembahasan.

Pasal pertama mengkaji perihal “hakikat nafyi dan itsbat”; pasal kedua mengkaji perihal “tata cara dzikir jahr”; pasal ketiga mengkaji tentang “asal talqin dan baiat”; pasal keempat mengkaji tentang keharusan menyebut sanad dalam setiap tarekat yang bersambung hingga Rasulullah SAW, serta hal-hal yang harus dipegang teguh oleh para murid tarekat; pasal ke lima menjelaskan tentang silsilah para guru TQN Suryalaya yang menyambung hingga Syaikh Ahmad Khatib Sambas hingga kepada Rasulullah SAW; dan (bab) menerangkan tata cara amaliah TQN sehari-hari.

Naskah kitab “Miftâh al-Shudûr” yang saya dapati merupakan naskah versi salinan yang dibuat oleh Ahmad Zainal Abidin Aminullah. Dalam titimangsa, didapati keterangan jika naskah tersebut disalin pada 7 Rajab tahun 1396 Hijri (bertepatan dengan 4 Juli 1976 Masehi).

Silsilah dan Jalur Periwayatan TQN Suryalaya

Hal lain yang tak kalah penting dari kandungan kitab ini adalah keberadaan silsilah dan jalur periwayatan TQN Suryalaya yang diriwayatkan oleh Abah Sepuh dari Syaikh Thalhah Kalisapu, dari Syaikh Ahmad Khatib Sambas dan terus menyambung sampai kepada Rasulullah SAW. Tertulis di sana:

بسم الله الرحمن الرحيم / وهذه سلسلة المشايخ للطريقة القادرية والنقشبندية نفعنا الله بهم وبعلومهم وبأسرارهم وببركاتهم في الدارين آمين.
() رب الأرباب وعتق الرقاب الله سبحانه وتعالى (2) سيدنا جبريل عليه السلام (3) سيدنا منبع العلم والأسرار ومخزن الفيض والأنوار وملجأ الأمة والأبرار ومهبط جبريل في الليل والنهار وحبيب الله الستار الذي أنزل عليه أفضل الكتب والأسفار سيدنا ومولانا محمد المختار صلى الله عليه وسلم (4) سيدنا علي كرم الله وجهه (5) سيدنا حسين رضي الله عنه (6) سيدنا زين العابدين رضي الله عنه (7) سيدنا محمد باقر رضي الله عنه (8) سيدنا الإمام جعفر الصادق رضي الله عنه (9) سيدنا الإمام موسى الكاظم رضي الله عنه (10) الشيخ أبو حسن علي بن موسى الرضى رضي الله عنه (11) الشيخ معروف الكرخي رضي الله عنه (12) الشيخ سر الدين السقطي رضي الله عنه (13) الشيخ أبو القاسم جنيد البغدادي رضي الله عنه (14) الشيخ أبو بكر دلف الشبلي رضي الله عنه (15) الشيخ أبو الفضل أو عبد الواحد التممي رضي الله عنه (16) الشيخ أبو الفرج الطرطوسي رضي الله عنه (17) الشيخ أبو الحسن علي بن يوسف القرسي الهكاري رضي الله عنه (18) الشيخ أبو سعيد المبارك بن علي المخزومي رضي الله عنه (19) الشيخ عبد القادر الجيلاني قدس الله سره (20) الشيخ عبد العزيز رضي الله عنه (21) الشيخ محمد الهتاك رضي الله عنه (22) الشيخ شمس الدين رضي الله عنه (23) الشيخ شرف الدين رضي الله عنه (24) الشيخ نور الدين رضي الله عنه (25) الشيخ ولي الدين رضي الله عنه (26) الشيخ حسام الدين رضي الله عنه (27) الشيخ يحي رضي الله عنه (28) الشيخ أبو بكر رضي الله عنه (29) الشيخ عبد الرحيم رضي الله عنه (30) الشيخ عثمان رضي الله عنه (31) الشيخ عبد الفتاح رضي الله عنه (32) الشيخ محمد مراد رضي الله عنه (33) الشيخ شمس الدين رضي الله عنه (34) الشيخ أحمد خطيب بن عبد الغفار الشمباسي رضي الله عنه (35) الشيخ طلحة رضي الله عنه (36) الشيخ عبد الله مبارك بن نور محمد رضي الله عنه

Wallahu A’lam
Bogor, Ramadhan 1442 Hijri/Mei 2021 Masehi
(IZ)

Ahmad Ginanjar Sya'ban
Alumnus Mahasiswa Al Azhar, Dosen UNUSIA Jakarta, dan Peneliti Ulama Islam Nusantara.

    Rekomendasi

    Tinggalkan Komentar

    More in Pesantren