Sekelumit Kenangan tentang Sosok KH Djamaluddin Ahmad

Kami mondok di Tambakberas Jombang mulai tahun 1996-2000 di Ribat Al Hikmah yang lokasinya sangat dekat dengan dalem beliau di Ribat Al Muhibbin lama atau sekarang Al Amanah Putri. Jadi kami juga sering mengaji kepada beliau. Ketika bulan Ramadlan, pengajian beliau digelar di gedung Madrasah Muallimin/at Atas (MMA). Pengajian beliau selalu ramai diikuti oleh para santri, baik putra maupun putri.

Di antara yang kami suka ketika beliau mengaji adalah beliau memberi ijazah sanad kitab ketika khataman. Kami juga mendapat ijazah sanad hadits musalsal Mushafahah Anasiyah. Yaitu sanad salaman dengan memegang jempol beliau. Dinamakan Anasiyah karena sanad hadits tersebut ke atas hingga sampai pada Sahabat Anas bin Malik dan berakhir pada Rasulillah SAW.

Tiap malam Selasa, kami juga sering mengikuti pengajian Al Hikam di Al Muhibbin Jadid (waktu itu Al Muhibbin selatan masih baru). Di antara kami senang ikut ngaji Hikam ini karena bisa dapat kopi dan rokok gratis. Pengajian Hikam ini masih ada hingga sekarang. Sebelum wafat, jika beliau berhalangan, akan digantikan oleh putra beliau, KH. M Idris Djamaluddin atau menantunya, KH. Yahya Husnan.

Selain mengikuti pengajian beliau di pondok, kami juga diajar langsung oleh beliau di Madrasah Muallimin Muallimat Tambakberas. Beliau mengampu mata pelajaran tasawuf dengan media kitab Kifayatul Atqiya’. Kami beruntung sekali masih diajar beliau di kelas dengan murid sekitar 30-an. Kami bisa bertatap muka langsung dan dijelaskan materi-materi tasawuf dengan gamblang. Penjelasan beliau memang luar biasa mendalam dan sangat detail.

Yang terakhir itu memang di antara kelebihan beliau. Ketika mengaji -baik di pondok atau madrasah- beliau menjelaskan dengan runtut dan detail. Sering dicontohkan dengan kehidupan-kehidupan nyata di sekitar kita. Tak jarang redaksi kitab yang hanya beberapa baris saja bisa dijelaskan puluhan menit hingga lebih satu jam. Sangat detail dan mencerahkan. Itu, saya kira, dikarenakan beliau juga mengamalkan apa yang ada di kitab yang beliau ampu. Siapa yang menyaksikan bahwa beliau sosok sufi yang alim sekaligus amil.

Baca Juga:  Mengenang KH Mochammad Djamaluddin Ahmad

Pernah beliau menceritakan kepada kami bahwa amplop bisyarah dari madrasah tidak pernah beliau buka. Amplop-amplop berisi rupiah itu selanjutnya diberikan kepada anak-anak yatim dan kurang mampu yang diasuh beliau di Panti Asuhan Al Fattah. Di Panti ini ada banyak sekali anak yatim dan kurang mampu yang dibantu oleh beliau agar bisa mondok dan sekolah. Beberapa teman sekelas kami juga ada yang di PA Al Fattah.

Karena beliau enggan menerima amplop karena khawatir tidak ikhlas ketika ngajar, beliau sowan kepada KH. Abd. Jalil Mustaqim Tulungagung. Guru mursyid beliau. Tujuannya menanyakan soal amplop. Sebelum bertanya, ternyata Mbah Jalil sudah tahu dan langsung menjawab kegundahan Kiai Jamal. Yang inti jawabannya yaitu bahwa boleh menerima amplop hasil ngajar di madrasah. Asalkan tidak niat untuk mencari amplop. Niatnya ngajar santri. Begitu inti jawabannya. (Sebenarnya jawabannya agak panjang karena ada ceritanya, tapi kami ringkas).

Jasa-jasa beliau dalam bidang pendidikan sungguh sangat banyak. Belum lagi peran beliau dalam mendidik masyarakat luas. Jadi kalau kita hitung amal dan jasa beliau yang kelihatan saja sudah tak bisa dihitung. Belum lagi yang tak terlihat.

Kami para santri yang hina dan bodoh ini hanya bisa berharap, semoga diakui sebagai santrinya. Semoga kecipratan berkah bertatap muka dengan beliau, mencium tangan beliau, mengaji kepada beliau. Aamiin.

Demikian sedikit kenang-kenangan tentang beliau. Semoga ada manfaatnya. Amin.

Akhirnya, kami mohon ziyadah doa untuk guru kami, kiai kami, panutan kami yang wafat tadi pagi.. Semoga beliau mendapat rahmah dari Allah Swt dan ditempatkan di surganya. Aamiin. []

Bangkalan, 24 Februari 2022

Nurul Fahmi
Santri Lirboyo tamatan 2006, Penulis Buku "Terompah Kiai".

Rekomendasi

Tinggalkan Komentar

More in Ulama