RAHIMA dan Pengaderan Ulama Perempuan (PUP) Dalam Membumikan Nilai-Nilai Islam yang Adil Gender

Pesantren.id – RAHIMA Pusat Pendidikan Dan Informasi Islam & Hak-Hak Perempuan pada Kamis 11 s.d Minggu 14 Mei tahun 2023 mengadakan “Tadarus Ke-3” Pengaderan Ulama Perempuan (PUP) Muda Se-Jawa Barat Angkatan pada Angkatan Ke-1 yang bertempat di Savoy Homman, Jalan Asia Afrika No.112 Cikawuo, Lengkong, Bandung yang diikuti oleh 29 peserta PUP (Pengaderan Ulama Perempuan) Muda Se-Jawa Barat.

Direktur RAHIMA, Pera Sopariyanti menegaskan, “seluruh peserta PUP (Pengaderan Ulama Perempuan) Muda yang resmi mengikuti Tadarus Ke-3 di Angkatan 1 ini dibekali dengan pengetahuan tentang bagaimana merespons zaman hari ini ditengah merebaknya konten dakwah yang tidak ramah. Rahima akan terus berjuang dan mengupayakan dalam membangun ekosistem dakwah digital yang nanti ditindaklanjuti dengan program Suara Ulama Muda” imbuh, Pera Sopariyanti, (13/05/2023).

Dalam perhelatan Tadarus Ke-3 Pengaderan Ulama Perempuan (PUP) Muda Se-Jawa Barat dihadiri oleh Ketua PW Fatayat NU Jawa Barat, Ibu Hj. Hirni Kifa Hazefa, KH Faqihuddin Abdul Kodir, Nurul Bahrul Ulum yang juga sebagai narasumber dalam serangkaian acara Pengaderan Ulama Perempuan (PUP) Muda Se-Jawa Barat selama tiga hari tersebut.

“Pada kegiatan literasi ini, teman-teman PUP akan tahu bagaimana membuat konten dakwah yang ramah dengan menyampaikan ide, gagasan dan persepektif atas nilai-nilai keadilan gender, serta membuat strategi yang realistis dalam pengembangan konten yang nantinya dishare di ruang-ruang digital” ungkap, Nurul Bahrul Ulum, dalam perhelatan acara Pengaderan Ulama Perempuan (PUP) Muda tersebut. Sabtu, (13/5/2023).

Adapun inti pemberian materi yang diperuntukkan para peserta terpilih di kegiatan Tadarus Ke-3, Angkatan 1 dengan tema Pendalaman Kajian Islam Pendekatan KUPI dan Literasi Digital antara lainnya: Kajian Islam, Personal Branding dan Literasi Digital.

Baca Juga:  Berita Duka, KH Nawawi Abdul Djalil Sidogiri Wafat

“Acara PUP hari ini yang dibuat oleh Rahima sangat menginspiratif kami para kaum perempuan muda, tentu kami berterima kasih kepada penyelenggara dalam hal ini Rahima, atas pendalaman materi Public Speaking dan Personal Branding dan materi Literasi Digital yang pertama kali saya ikuti, partisipasi kami dalam acara ini telah membuka cara pandang baru dan memulihkan pengetahuan terhadap tantangan dakwah kedepannya di era kemudahan digital terkini” pukas Desy Salma Aeni, peserta Tadarus Ke-3 PUP Muda dari Kuningan, Jawa Barat, Sabtu, (13/5/2023)

Untuk diketahui pendidikan PUP (Pengaderan Ulama Perempuan) ini sudah dilangsungkan sejak tahun 2005 dan telah melahirkan lebih dari 270 orang/Ulama Perempuan dari lima angkatan yang tersebar di Jawa Barat, Jawa Timur, DIY Yogyakarta, Banten, Sulawesi Selatan, dan Aceh.

Rahima sebagai organisasi masyarakat yang sejak dibentuk memang sangat concern terhadap hak-hak perempuan. Dengan kata lain kegiatan berkala pengaderan ulama perempuan atau lebih dikenal dengan PUP ini sebagai upaya Rahima dalam membangun keadilan gender serta merespons zaman, bahwa keberagaman pandangan kaum muslimin tentu tidak hanya milik kaum laki-laki tetapi juga kaum perempuan.

Adanya sebuah dinamika pemikiran yang terus berkembang dari para ulama perempuan, hal ini akan memberi perubahan-perubahan sosial yang terus bergerak bahwa teks-teks keagamaan selalu menyediakan kemungkinan bagi sejumlah tafsir (interpretasi) khususnya dalam peranan ulama perempuan di publik yang selama ini sangat jarang, atau tidak terpublikasi. (14/5/2023). []

Abdul Majid Ramdhani
Penulis merupakan lulusan Pondok Pesantren Al-Hamidiyah, Depok dan melanjutkan mondoknya di Pesantren Al-qur'an Syihabudin Bin Ma'mun, Caringin Banten. Bagi diri penulis, "Menulis bisa menjadikanmu optimis, romantis & humanis". Penulis juga lulusan KPI (Komunikasi dan Penyiaran Islam) di kampus STAI INDONESIA JAKARTA dan Penulis buku "Jurnal: Jurus Nulis Anak Milenial".

    Rekomendasi

    Tinggalkan Komentar

    More in Berita