Menuju Puncak Penganugerahan, Pemilihan Duta Santri Nasional Akan Diselenggarakan di Universitas Nahdhatul Ulama Surabaya

Surabaya, Pesantren.id – Acara paling bergengsi di kalangan santri seluruh indonesia mendekati puncak anugerahnya pada tanggal 20 Oktober 2023.

Puncak penganugerahan Duta Santri Nasional 2023 akan dilaksanakan di Surabaya, tepatnya di Universitas Nahdhatul Ulama Surabaya.

Setelah melakukan serangkaian seleksi ketat, sebanyak 6341 santri yang telah mendaftar kini hanya menyisakan 48 santri berprestasi dengan segudang keunggulan.

48 finalis tersebut adalah santri dari seluruh indonesia yang berasal dari 16 provinsi dan mewakili nama pondok pesantrennya.

Pemilihan kali ini adalah pemilihan Duta Santri Nasional Keempat, yang sebelumnya telah dilaksanakan sejak tahun 2016, 2018, dan 2021.

Salah satu kemajuan besar yang dicapai oleh Yayasan Duta Santri Nasional tahun ini adalah keberhasilannya dalam menggandeng instansi-instansi besar pemerintahan, yaitu PBNU dan Kemenag.

Sebagai wujud apresiasi dan dukungan besar PBNU dan Kemenag terhadap pelaksanaan pemilihan Duta Santri Nasional, Malam penganugerahan Duta Santri nasional akan masuk dalam rangkaian hari santri nasional.

Tentunya, dalam rangkaian besar tersebut, Duta Santri Nasional akan dihadiri oleh berbagai kalangan ulama dan para pendiri pesantren dari seluruh Indonesia.

Beberapa tokoh yang turut hadir menyaksikan pemilihan Duta Santri Nasional 2023 diantaranya:

  1. Miftachul Achyar (Rais Aam PBNU)
  2. Dr. (HC) Yahya Cholisi Tsaquf (Ketua Umum PBNU)
  3. Yaqut CHolil Qoumas (Menteri Agama RI)
  4. Prof. Dr. Ir. Achmad Jazidie, M. Eng (Rektor Universitas Surabaya)
  5. Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jawa Timur)
  6. Hj. Arumi Bachsin (Ketua Umum TP Pkk Jawa Timur)
  7. Hj. Margareth Aliyatul Mimunah, M.Si (Ketua Umum Fatayat NU)

Sebagai komitmen penuh santri dalam menyelesaikan permasalahan global, tahun ini Duta Santri Nasional terbagi ke dalam 10 konsentrasi bidang.

Baca Juga:  Agresi Militer Belanda I: Upaya Penghancuran Kaum Santri

Diantaranya adalah bidang agama dan pendidikan, bidang sains dan teknologi, bidang energi dan lingkunga, bidang kesehatan dan olahraga, bidang multimedia, bidang diaspora, bidang sosial masyarakat, bidang politik dan hukum, bidang ekonomi dan kewirausahaan, serta bidang budaya dan pariwisata. []

Redaksi
Redaksi PesantrenID

Rekomendasi

1 Comment

  1. […] mas Anas juga nampak hadir. Ya tetap berkostum ala santri. Mereka memang masih merasa menjadi santri, sama-sama mengaji ke satu guru tertentu, meskipun sudah bukan seusia santri di pesantren pada […]

Tinggalkan Komentar

More in Berita