PESANTREN.id – Selasa, 23 Januari 2024. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UNISNU Jepara menggelar kegiatan bekerjasama dengan Madrasah Aliyah NU Banat Kudus dalam bentuk Pelatihan untuk Peningkatan SDM Guru. Kegiatan ini merupakan program Sekolah/Madrasah Binaan yang dimiliki oleh Prodi PBI. Tema dari kegiatan ini adalah “Mengembangkan Media Pembelajaran berbasis AI atau Kecerdasan Buatan.

Kegiatan ini diawali dengan penandatanganan kerjasama antara Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UNISNU Jepara yang diwakili oleh Ka.Prodi PBI, Ibu Hayu Dian Yulistianti dengan Kepala MA NU Banat Kudus yaitu Bapak Shohibul Huda, M.Pd. Dalam sambutannya, Bapak Shohib (panggilan akrabnya) menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada FTIK dan Prodi PBI yang telah bersedia bekerjasama dalam peningkatan SDM Lembaga yang dikelolanya. “ Ini merupakan sebuah langkah awal dalam meningkatkan kualitas SDM pendidik kami sesuai dengan era kekinian“ ujarnya.

Kegiatan dibuka oleh Hayu Dian Yulistianti, M.Pd., Ka prodi PBI, menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan di sekolah atau madrasah dan bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada mitra mengenai media pembelajaran menggunakan AI.

Narasumber pada pelatihan ini adalah Muh Shofiyuddin, M.Pd dan Santi Andriyani, M.Pd. Pemateri pertama adalah Ibu Santi, beliau fokus pada pemaparan materi urgensi merdeka belajarn dan pembelajaran diferensiasi yang merupakan salah satu indikator pembelajaran merdeka. Peserta antusias dan banyak sharing serta berdiskusi pengalaman mereka dalam menggunakan pendekatan merdeka belajar dalam pengajarannya.

Narasumber utama Muh.Shofiyuddin, M.Pd. memberikan pelatihan tentang media pembelajaran berbasis AI yang informatif dan interaktif. “Platform seperti Tome, Microsoft 365 dapat membantu guru dalam mengembangkan materi dan media pembelajaran.” Beliau memberikan panduan praktis kepada peserta dan menunjukkan cara memanfaatkan kecerdasan buatan untuk meningkatkan dan memperkaya metode dan media pembelajaran. Dengan semangat kolaborasi, peserta terlibat aktif dalam diskusi dan praktik menggunakan platform media AI tersebut.

Baca Juga:  PSGA Unisnu Adakan Diskusi Upaya Zero Tolerance terhadap Kekerasan Seksual di Lingkungan Kampus

Prodi PBI Unisnu berkomitmen untuk terus menghadirkan inovasi dalam Pendidikan dan berjejaring dengan banyak stakeholder. Harapannya pelatihan ini dapat menjadi starting point menuju transformasi pendidikan berbasis digital dalam bingkai Merdeka Belajar.

Redaksi
Redaksi PesantrenID

Rekomendasi

Tinggalkan Komentar

More in Berita