PESANTREN.id – Keindahan busana yang sesuai dengan prinsip-prinsip keislaman berkumpul dalam Pagelaran Halal Fashion 2023 yang sukses dilaksanakan di Auditorium UNUSA Surabaya pada Jum’at (20/10). Tema tahun ini, “Moslem Vintage,” memadukan nuansa tradisional dengan nuansa modern, menciptakan harmoni luar biasa dalam dunia fashion yang halal.

Acara yang terselenggara atas kerja sama PW Fatayat NU DIY, UNU Yogyakarta dan Yayasan Duta Santri Nasional ini menampilkan karya-karya indah dari sebanyak 12 desainer pemula. Semua karya memiliki ciri khas unik masing-masing, menjadikan setiap koleksi busana berbeda dan menawan. Salah satu desainer yang tampil adalah Rania Nurul Rizkia, yang menciptakan gaun dengan kombinasi warna putih yang lembut, menggunakan kain eco printing dengan motif aneka flora. Rania berbicara tentang pentingnya santri zaman kini tidak hanya mahir mengaji, tetapi juga harus memahami bagaimana membawakan diri secara islami dalam berbusana. Busana buatannya menjadi contoh bagaimana gaya dapat berkongsi dengan nilai-nilai agama.

“Santri harus bisa menempatkan diri dalam berbusana untuk tiap-tiap acara, karena zaman sekarang yang dinilai pertama kali oleh orang bukan seberapa pintar kamu mengaji, tapi seberapa rajin kamu berbusana.”

Ketua Pagelaran Halal Fashion 2023, Latifah, dengan bangga mengungkapkan bahwa tujuan dari acara ini adalah untuk memamerkan karya busana para santri kepada masyarakat luas. Hal ini adalah upaya untuk mempromosikan kecantikan dan mode yang syar’i. Dalam wawancara, Latifah menekankan bahwa setelah mengikuti Halal Fashion 2023, diharapkan audiens dapat memahami bahwa Muslim dapat tetap tampil menawan dengan busana yang syar’i.

“Saya berharap Halal Fashion ini bisa menjadikan orang-orang paham bahwa berbusana anggun dan tetap syar’i itu sangat mungkin.”

Halal Fashion 2023 tidak hanya memberikan inspirasi bagi para pecinta fashion, tetapi juga merupakan wujud kontribusi dari komunitas santri dalam mempromosikan pesan keindahan dan kesopanan melalui busana. Acara ini diharapkan dapat membantu memperluas pemahaman tentang berbusana yang sesuai dengan nilai-nilai Islam dan membangun kesadaran tentang pentingnya menjaga identitas agama dalam dunia fashion yang terus berkembang.

Redaksi
Redaksi PesantrenID

Rekomendasi

Tinggalkan Komentar

More in Berita