Nabil Haroen: Pagar Nusa Fokus Siapkan Pendekar Berprestasi

JAKARTA, Pesantren.id — Pimpinan Pusat Pagar Nusa sedang menyiapkan skema untuk mendorong atlet-atlet pencak silat dari Pagar Nusa untuk berprestasi di level nasional dan internasional. Ketua Umum Pimpinan Pusat Pagar Nusa M. Nabil Haroen mengungkapkan bahwa pihaknya bersama tim, sedang menyiapkan pola pengkaderan yang terkonsolidasi untuk menggembleng kader-kader atlet nasional dari Pagar Nusa.

“Pimpinan Pusat Pagar Nusa sedang menyiapkan program khusus untuk menggembleng kader-kader Pagar Nusa agar bisa menjadi atlet yang berprestasi di lingkup daerah, nasional dan internasional. Pagar Nusa sudah ada program berkelanjutan terkait dengan Kejuaraan Daerah (Kejurda) dan Kejuaraan Nasional (Kejurnas). Kejurda sudah dilangsungkan oleh beberapa Pimpinan Cabang dan Pimpinan Wilayah Pagar Nusa, hasilnya sudah sangat bagus. Meski belum merata secara penyelenggaraan, tapi kami fokus untuk penguatan kualitas kader agar menjadi atlet berprestasi,” terang Nabil Haroen kepada media ini, Kamis (07/12).

Lebih lanjut, Nabil Haroen juga menyebutkan bahwa Pimpinan Pusat Pagar Nusa juga secara periodik telah menyelenggarakan Kejuaraan Nasional (Kejurnas). “Di ajang Kejurnas, Pimpinan Pusat mendorong agar terjadi silaturahmi antar kader Pagar Nusa. Ini forum saling berkenalan dan juga bertanding yang sportif. Jadi di antara kader pendekar saling mengenal, saling silaturahmi, juga saling belajar. Kami fokus agar atlet-atlet Pencak Silat dari Pagar Nusa bisa terus berprestasi,” ungkap Nabil, yang juga Wakil Ketua Umum PB Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI).

Nabil Haroen menjelaskan bahwa pihaknya sangat bersyukur ada banyak kader-kader Pagar Nusa yang berprestasi. “Di Pagar Nusa, ada banyak kader-kader muda sebagai pesilat yang berprestasi. Mereka telah menunjukkan bakat di level Kejurda dan Kejurnas. Jadi, kita akan menata di internal, bagaimana agar kader-kader itu bisa terus berpretasi, juga masuk ke level internasional. Tentu, banyak hal harus disiapkan, dari kaderisasi di internal, infrastruktur latihan, tentang wasit juri, serta regulasi-regulasi yang harus kita pahami secara mendasar. Kita bertahap sedang menata ini, mohon dukungan dari semuanya, agar santri-santri di Pagar Nusa juga menjadi atlet pencak silat yang berprestasi,” jelas Nabil.

Baca Juga:  Keputusan Rakernas Pagar Nusa: Perkuat Kaderisasi dan Jejaring Luar Negeri

Selain itu, Nabil Haroen juga menyampaikan bahwa Pagar Nusa juga berkonsentrasi terhadap pencak silat tradisi. “Jadi, ada juga sisi pendampingan pencak silat tradisi. Kami membagi tugas di antara Wakil Ketua Umum di jajaran Pimpinan Pusat Pagar Nusa, agar semua bisa sinkron dan tertata. Pencak silat prestasi dan pencak silat tradisi ini keduanya merupakan kekuatan Pagar Nusa, jadi harus dikawal secara bersamaan,” terang Nabil Haroen, yang juga anggota Fraksi DPR RI dari PDI Pejuangan.

Nabil Haroen menegaskan bahwa Pimpinan Pusat Pagar Nusa juga sedang menjalin kerjasama dengan beberapa lembaga filantropi yang mengurus beasiswa, agar ada porsi beasiswa prestasi untuk atlet-atlet Pagar Nusa. “Kami sedang menyiapkan kerjasama dengan beberapa lembaga, agar para atlet dari Pagar Nusa juga bisa mendapat fasilitas beasiswa pendidikan, agar mereka bisa fokus untuk belajar dan berlatih. Ini kan sangat bagus secara prosesnya, jadi atlet pencak silat juga mendapat pengakuan prestasi dan dukungan beasiswa,” terangnya.

Pimpinan Pusat Pagar Nusa saat ini menyiapkan beberapa program strategis untuk peningkatan kualitas pendekar dan kader, penguatan organisasi, serta digital campaign untuk dakwah di media sosial. []

Redaksi
Redaksi PesantrenID

Rekomendasi

Tinggalkan Komentar

More in Berita