Tahun Baru Hijriyah 1445 H, menjadi ruang kontemplasi bagi semua umat Muslim di Indonesia. Ketua Umum Pimpinan Pusat Pagar Nusa Nahdlatul Ulama M. Nabil Haroen menegaskan pesan tentang pentingnya semangat berkhidmah untuk bangsa di tahun yang baru.

“1 Muharram 1445 menjadi momentum kontemplasi untuk kita semua. Tahun baru adalah saat yang tepat bagi setiap muslim untuk merenungkan apa yang telah terjadi sepanjang tahun sebelumnya dan menatap masa depan dengan semangat yang lebih baik. Tahun baru adalah kesempatan untuk melakukan perbaikan, muhasabah diri, dan mencari titik pencapaian terbaik dalam hidup,” ujar Nabil Haroen, kepada media ini, Rabu (19/07/2023).

Dalam konteks keberkahan sosial, Islam mengajarkan nilai-nilai kebaikan dan manfaat bagi sesama manusia. “Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi sesama. Semangat inilah yang seharusnya mendorong kita untuk berbuat bagi kepada sesama manusia, juga kepada alam semesta. Kita memiliki tugas untuk menjaga alam, menggunakan kreatifitas untuk menciptakan kemaslahatan bersama,” tambah Wakil Ketua Umum PB Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI).

Nabil Haroen menekankan pentingnya semangat berkhidmah untuk negeri di tahun baru Hijriyah. “Tahun baru Hijiriyyah seharusnya menjadi momentum bagi kita semua untuk berbakti kepada agama dan bangsa Indonesia. Sebagai santri, khidmah utama bagi pesantren, Nahdlatul Ulama, dan juga untuk bangsa Indonesia,” ungkap Nabi, yang juga anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan.

Kendati Indonesia sedang menghadapi tahun politik yang penuh tantangan, Nabil Haroen berharap semangat berkhidmah dapat mewarnai perjalanan bangsa ini. “Kita harus bersama-sama menjaga Indonesia agar tetap damai, tanpa ada perpecahan karena perbedaan pandangan politik. Semua harus bergerak dengan tujuan yang sama untuk negeri yang lebih baik,” tegasnya.

Baca Juga:  Dicari, Santri Jagal Sapi

Dalam pesannya, Nabil Haroen mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menjadikan Tahun Baru Hijriyah sebagai momen refleksi diri dan memperbaharui semangat berkhidmah untuk bangsa. “Dengan semangat yang baru, marilah kita bersama-sama berkontribusi dalam membangun Indonesia yang lebih baik, damai, dan maju di tahun-tahun mendatang. Semoga semangat berkhidmah ini dapat menjadi pemicu bagi perubahan positif demi kemajuan bangsa Indonesia. Selamat Tahun Baru Hijriyah 1445 H!” pungkasnya (red).

Redaksi
Redaksi PesantrenID

Rekomendasi

Tinggalkan Komentar

More in Berita