Dunia Santri Summit 2023 Gelar Literasi Digital Santri Milenial

Pekalongan, Pesantren.id – Literasi bagi santri merupakan hal urgen yang harus digalakkan untuk memperluas cakrawala keilmuan apalagi di era digital yang semuanya serba mudah aksesnya. Dunia Santri Community menyikapi hal tersebut dengan menggelar kegiatan Dunia Santri Summit 2023 dengan tema “Literasi Digital Santri Milenial” yang akan diselenggarakan pada Sabtu-Ahad, 26-27 Agustus 2023 bertempat di UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

Kegiatan tersebut akan diisi oleh beberapa pakar yang membidangi literasi digital. Dan juga akan hadir Nezar Patria, M.Sc., M.B.A. selaku Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia sebagai keynote speaker. Dan akan dibuka langsung oleh Dr. Abdulloh Hamid, M.Pd. selaku Founder Dunia Santri Community serta Prof. Dr. Maghfur, M.Ag. selaku Wakil Rektor 1 UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

Beberapa nama pemateri yang akan memeriahkan Dunia Santri Summit 2023 yaitu Dr. Muhammad Hasan Chabibie, ST., M.Si. selaku Ketua Umum MATAN dan Kapusdatin Kemdikbud RI, Gus Ubaidillah selaku Ketua KPI Pusat, Gus Rijal Mumazziq Zionis, MHI. selaku Rektor UAS Kencong Jember dan Pegiat Literasi, Sonny Sudaryana, ST., M.MT., dan Ning Ema Rahmawati, S.Fil. selaku Pengasuh Pondok Puteri Khoiriyah Hasyim Seblak Jombang serta akan dimoderatori oleh Luthfi Maulana, M.Ag. selaku Dosen UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi Dunia Santri Community dengan MATAN, LAKPESDAM PCNU Kab. Pekalongan, dan UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan serta didukung oleh Pesantren.id, BRODO, TV9, Times Indonesia, Elex Media Komputindo, Dawuh Guru, Pusat Studi Pesantren, Santri Design Community, AISNU, Iqra.id, Aswaja Dewata, dan Inagata.

Literasi digital bagi santri milenial merupakan Langkah konkrit untuk menghadapi era Artificial Intelligence (kecerdasan buatan). Dengan melek digital, santri diharapkan mampu menjaga NKRI lewat kegiatan berliterasi. Karena dampak yang diperoleh dari berliterasi di era digital ini sangat banyak sekali bahkan santri bisa membangun start up sendiri dengan bekal kemampuan menggunakan keterampilan teknologi.

Baca Juga:  Mengembalikan Marwah Nyai dan Pesantren

Literasi bagi santri sangat penting untuk membekali mereka dengan pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan teknologi dengan bijak dan aman. Hal ini juga akan membantu mereka menghindari risiko online, memahami informasi secara kritis, dan memanfaatkan sumber daya digital secara efektif untuk pembelajaran dan perkembangan pribadi.

Dengan kegiatan Dunia Santri Summit 2023 diharapkan nanti muncul beberapa rumusan, metodologi, dan rekomendasi sebagai panduan literasi digital bagi santri milenial. []

Redaksi
Redaksi PesantrenID

Rekomendasi

Tinggalkan Komentar

More in Berita