Pusat Studi Pesantren Gelar Bedah Film Dokumenter ‘Hamtramck’, Yuk Daftar!

Jakarta, Pesantren.id – Pusat Studi Pesantren (PSP) bersama Kedutaan Besar Amerika Serikat dan American Film Showcase akan menyelenggarakan acara diskusi dan bedah film yang bertajuk “Ramadan Movie Talk Series” pada Kamis, 14 April 2022, pukul 09.00 hingga 11.30 WIB.

Acara ini akan mendiskusikan film dokumenter berjudul “Hamtramck” karya Razi Jafri dan Justin Feltman, keduanya sama-sama sebagai Produser dan Sutradara Film. Hamtramck sendiri adalah nama kota di negara bagian Michigan yang berjarak sekitar 500 mil dari Ibu Kota Washington DC.

Film ini secara umum mengupas latar belakang kehidupan demokrasi dan berpolitik di Kota Hamtramck yang berpenduduk muslim terbanyak di Amerika Serikat. Di samping itu, film Hamtramck juga mengeksplorasi keindahan dan tantangan dalam multikulturalisme di kota yang memiliki luas 5,4 km persegi itu.

Menurut Direktur Pusat Studi Pesantren Achmad Ubaidillah, tujuan program ini diselenggarakan selain untuk mengisi Ramadan dengan giat produktif, juga sebagai sarana penting untuk menegaskan bahwa dakwah dan film merupakan dua hal yang sangat bermanfaat bagi edukasi publik.

“Terlebih geliat di kalangan muslim, khususnya dunia pesantren agar memproduksi narasi dakwah lewat film semakin besar, meskipun memang saat ini intensitasnya belum sebesar film-film di arena industri,” kata Ubaidillah, pada Jum’at (9/3).

Ubaidillah menjelaskan, acara yang menghadirkan dua sineas Amerika Serikat dan dipandu oleh Vedy Santoso, seorang sineas muda alumni Pesantren Krapyak Yogyakarta ini diharapkan akan memberikan pengetahuan dan keterampilan tambahan tentang proses produksi film. Termasuk juga di dalamnya membangun narasi dan skenario cerita yang inspiratif.

“Film Harmtamck ini juga menarik secara ide dan substansi, sebab mengangkat isu penting baik dalam konteks relasi sosial antar iman maupun diseminasi pandangan sosial dan keagamaan,” jelasnya.

Baca Juga:  Gandeng Bank Indonesia hingga Perusahaan Ice Cream, PWNU Jatim Luncurkan Program Ekonomi di Resepsi Hari Santri 2020

“Harmtamck juga menekankan pada pentingnya ikhtiar kecil dan besar merawat harmoni sebagaimana halnya prinsip dan tata nilai serta etika hidup yang selama ini diajarkan di dalam Islam khususnya di dunia pesantren,” tambah pria founder yang juga pendiri media keislaman Iqra.id itu.

Program diskusi dan bedah film yang didukung media Iqra.id dan Cak Masykur Management ini akan diadakan secara daring dan disiarkan secara langsung melalui fanspage facebook Pusat Studi Pesantren. Bagi siapa saja yang ingin hadir melalui melalui aplikasi Zoom Meeting, bisa langsung mendaftar terlebih dahulu di tautan bit.ly/reg-hamtramck-psp.

Sebelum mengikuti acara diskusi dan bedah film ini, para peserta disarankan untuk menonton film Hamtramck secara streaming dengan terlebih dahulu mendaftarkan diri melalui tautan bit.ly/reg-hamtramck-psp. (M. Zidni Nafi’)

Redaksi
Redaksi PesantrenID

Rekomendasi

Demi Masa
Syair

Demi Masa

Hai waktu! Aku menoleh dan mencoba meraihmu kembali Namun, langkahmu bak busur panah ...

Tinggalkan Komentar

More in Berita