Keutamaan Membaca Al-Qur’an

Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam yang diturunkan oleh Nabi Muhammad SAW yang berisi firman Allah dan diturunkan dengan perantara malaikat jibril. Al-Qur’an diturunkan sebagai pedoman kehidupan manusia. Yang mana pedoman dari kehidupan manusia ini adalah untuk menata kehidupan manusia agar memperoleh kehidupan yang bahagia serta sejahtera dunia hingga akhirat. Didalamnya Al-Qur’an mengandung pokok bahasan yang digunakan oleh manusia untuk menjalani kehidupan agar lebih bermanfaat.

Jika seseorang ingin hidup  bahagia dunia dan akhirat, kuncinya adalah berpegang teguh pada Al Qur-an. Al-Qur’an membawa ketenangan dan ketentraman jiwa bagi siapa saja yang membaca dan mengamalkannya. Banyak sekali hikmah yang bisa diambil dari membaca dan mengamalkan Al-Qur’an salah satunya adalah dapat membawa keberkahan, kebaikan, serta ketentraman dalam hidup. Hidup dengan berpedoman kepada Al-Qur’an akan lebih terarah dan menuju ke dalam jalan yang lurus. Rasulullah SAW pernah bersabda: “Ibadah yang paling istimewa adalah membaca Al-Qur’an dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari”. Berikut keutamaan membaca Al-Qur’an:

a). Bernilai Ibadah

Al-Qur’an dapat bernilai ibadah bagi yang membacanya. Inilah keistimewaan Al-Qur’an yang tidak ada pada kitab yang lain. Allah menjanjikan 10 kebaikan jika seseorang membaca 1 huruf yang ada dalam Al-Qur’an. Ini yang membuat Al-Qur’an amat istimewa. Allah akan menjamin hidup seseorang jika orang tersebut berpedoman kepada Al-Qur’an.

b). Mendapatkan Keberkahan

Al-Qur’an senantiasa membawa keberkahan bagi siapa saja yang membaca serta mengamalkannya. Tujuan utama diturunkannya Al-Qur’an adalah sebagai petunjuk hidup untuk manusia, oleh karenanya Al-Qur’an selalu membawa keberkahan dan kebermanfaatan. Allah sudah menjamin bahwa orang yang membaca Al-Qur’an tidak akan merugi sedikitpun, akan tetapi Allah selalu melimpahkan pahala yang amat besar. Sungguh luar biasa keistimewaan Al-Qur’an.

Baca Juga:  Keutamaan Hari Asyura

c). Terasa Dekat dengan Allah

Karena Al-Qur’an ini merupakan Kalamullah yang berarti kalam Allah. Berarti Al-Qur’an ini merupakan kitab Allah. Barangsiapa yang membaca Al-Qur’an, maka jiwa dan hatinya akan dekat dengan Allah. Al-Qur’an dapat menjadikan kita dengan sang pencipta. Dengan begitu, hati kita, pikiran kita akan tentram dan selalu dekat dengan Allah SWT.

d). Mengingat akan Kebesaran Allah

Dalam Al-Qur’an banyak sekali ayat-ayat yang menjelaskan berbagai peristiwa yang belum terjadi maupun yang sudah lama terjadi. Jika dilihat dari penciptaan bumi beserta isinya hingga gambaran kiamat yang nantinya pasti terjadi, Al-Qur’an adalah wujud dari kebesaran Allah. Di dalam Al-Qur’an berbagai macam kebesaran Allah dijelaskan, dari hal-hal yang luar biasa dahsyatnya semua sudah ada di dalam Al-Qur’an. Nah jika kita membaca Al-Qur’an kita bisa mengetahui kebesaran Allah SWT.

e). Mengangkat Derajat Manusia

Al-Qur’an menjamin kebahagiaan. Allah mampu mengangkat derajat manusia meskipun selama hidup di dunia penuh dengan segala kekurangan dengan membaca Al-Qur’an. Barangsiapa yang membaca Al-Qur’an dan mengamalkannya, Allah menjamin kelak hidupnya di akhirat akan bahagia. Janji Allah nyata adanya. Al-Qur’an dapat mengangkat derajat keimanan seseorang kelak di akhirat.

f). Mendapatkan Syafa’at kelak di Akhirat

Syafa’at merupakan penolong ketika nanti di akhirat. Al-Qur’an bisa menjadi penolong ketika di akhirat jika kita senantiasa membacanya. Membaca Al-Qur’an merupakan penolong disaat kelak kita dihadapkan dengan siksaan yang begitu kejam. Jadi mulai saat ini, rajin-rajinlah membaca Al-Qur’an, karena kelak ia akan menjadi amal penolong kita ketika di akhirat.

g). Menjadi Hamba yang Paling Baik Disisi Allah

Al-Qur’an bukan hanya menjadi kita sebagai hamba yang paling dekat dengan Allah, juga menjadikan kita hamba yang paling baik disisi-Nya. “Sebaik-baiknya kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya” (HR. Bukhari). Dari kutipan hadist tersebut menjelaskan bahwa pentingnya membaca dan mengamalkan Al-Qur’an, sebaik-baik kalian merupakan hamba yang paling baik di sisi Allah. Dengan Al-Qur’an menjadikan kita hamba yang paling baik disisi Allah. Sungguh begitu mulianya kita dengan membaca dan mengamalkan Al-Qur’an. Karena Al-Qur’an dapat menjadikan kita mulia disisi Allah SWT.

Baca Juga:  Keutamaan Sesuatu yang Dianggap Sepele

h). Membersihkan Hati dan Memberikan Ketenangan Hidup

Membaca Al-Qur’an merupakan obat dari segala permasalahan hidup. Dengan membaca Al-Qur’an seberat apapun masalah yang kita hadapi dapat menenangkan jiwa dan hati. Membersihkan hati yang kotor akan prasangka buruk serta penyakit hati bisa dengan membaca Al-Qur’an. Membaca Al-Qur’an dapat menghilangkan penyakit hati serta prasangka yang buruk, dengan begitu hati menjadi bersih serta terbebas dari berbagai macam penyakit yang dapat merusak jiwa. Hidup juga menjadi tenang dan tentram. []

Risky Arisma
Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya

    Rekomendasi

    Kurikulum Ahistoris
    Opini

    Kurikulum Ahistoris

    Tahun 2020, saya sengaja memviralkan bahwa mata pelajaran sejarah akan dihapuskan dengan memberikan ...

    Tinggalkan Komentar

    More in Opini