PP Syarifatul 'Ulum Katerban Ngawi selenggarakan Program Native Speaker Visit

Pesantren.id – Sabtu, 18 Juni 2022 Madrasah Islam dan Pondok Pesantren Syarifatul ‘ulum Katerban menyelenggarakan Program Native Speaker Visit: How To Learn English, Arabic, dan Be A Hafidz Qur’an For Better Future. Model pembelajaran oleh native speaker tentu saja memiliki kelebihan, seorang native speaker (khusunya yang berbahasa Inggris sekaligus bisa bahasa arab dan juga Hafidz Al Quran) memiliki pengejaan yang sempurna.

Hal tersebut dikarenakan native speaker pernah tinggal di tempat yang kesehariannya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam komunikasi kesehariannya. Salah satu rangkaian dari program unggulan rutin di pondok pesantren Syarifatul’ulum khususnya di tingkat SMP dan MA adalah kegiatan yang melibatkan native speaker yang sengaja dihadirkan/visit ke pondok pesantren.

Bagi Santriwan dam Santriwati bentuk kegiatan seperti ini adalah ditujukan untuk praktik langsung dengan penutur asli Bahasa Inggris/arab/ (English native speaker). Kegiatan ini juga bertujuan untuk lebih meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dan arab terutama keterampilan “speaking” dan “listening“.

Pengalaman praktek dengan native speakers merupakan pengalaman yang menyenangkan dan membuat para peserta native class merasa lebih percaya diri untuk berkomunikasi dengan Bahasa Inggris meskipun masih banyak yang ragu-ragu dalam berbicara. Para peserta kelas bersama native sangat berharap agar lebih banyak mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi dengan native speakers kembali. ke depan harapannya Pondok pesantren Syarifatul Ulum khususnya Unit SMP dan MA akan mengadakan kegiatan ini secara rutin setiap semester, dengan menghadirkan pembicara native speaker yang memiliki latar belakang keilmuan dan juga budaya yang berbeda.

Narasumber kali ini didatangkan dari mahasiswa pertukaran pelajar dari Somalia yang Menguasai 4 Bahasa (Arab, Inggris, Bahasa Indonesia dan Somal) dan Sekaligus Hafal Al Quran 30 Juz ; sehingga dari segi bahasa, mereka memang penutur asli dengan sehari2 selain juga bahasa arab dan somal juga Bahasa Inggris.

Baca Juga:  Berkirim Surat ke Pusara Makam Kiai Wahab Hasbullah

Di kegiatan yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 18 Juni 2022 ink menghadirkan narasumber native yakni Mohammed Abdirrohman Omar, seorang mahasiswa Somalia yang kuliah di UINSA Surabaya yang sengaja dihadirkan untuk memberikan motivasi, tips bagaimana belajar bahasa inggris, arab dan langkah mudah menjadi Hafidz Qur’an untuk membangun semangat bagi santriwan santriwati di Pondok Pesantren Syarifatul’ulum Katerban Ngawi Jawa Timur.

Sebagai Informasi Bahwa di Pondok pesantren Syarifatul’ulum selain juga Unit Sekolah menengah Pertama (SMP) juga ada Madrasah Aliyah (MA) Serta Diniyah yang memiliki program-program Unggulan diantaranya adalah Parenting Orangtua, Native Visit, dan Utamanya adalah Konsep pembelajaran Kitab Kuning/turats dan Juga metode baca serta hafalan YANBUA yang diterapkan/diintegrasikan dalam kurikulum SMP dan MA di Madrasah Islam Syarifatul Ulum Komplek Pondok Pesantren Syarifatul Ulum Katerban Ngawi Jawa Timur dibawah Pengasuh Romo Kyai Anis Al Yatim. (MM)

Redaksi
Redaksi PesantrenID

Rekomendasi

Tinggalkan Komentar

More in Berita