PESANTREN.id, JAKARTA – Ketua Umum Pimpinan Pusat Pagar Nusa M. Nabil Haroen menanggapi konflik Israel-Palestina yang terjadi beberapa pekan terakhir. Nabil Haroen menganggap bahwa agresi Israel dan serangan-serangan militer yang dilakukan negeri itu ke kawasan Gaza merupakan tindakan kejam.

“Kita tidak bisa biarkan agresi Israel yang sangat kejam itu terjadi dan seolah-seolah terjadi pembiaran. Kita semua harus bersuara, atas nama kemanusiaan, untuk bersama-sama menghentikan tragedi kemanusiaan yang terjadi,” ungkap M. Nabil Haroen, atau yang akrab disapa Gus Nabil, kepada media ini, Selasa (07/10/2023).

Menurutnya, serangan Israel ke Palestina merupakan perbuatan keji yang melawan kemanusiaan. “Ini tidak bisa dibiarkan, harus ada upaya serius dari berbagai kalangan, untuk Bersatu padu membela Palestina. Demonstrasi ribuan hingga jutaan orang sudah digelar di berbagai negara, yang menuntut untuk Israel menghentikan serbuan serta memberikan dukungan kemerdekaan kepada Palestina,” terang Wakil Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (PB IPSI) ini.

Nabil Haroen menganggap bahwa pemerintah harus melakukan upaya diplomatik yang lebih serius dan strategis. “Pemerintah Indonesia harus lebih serius untuk melakukan lobi serta langkah strategis untuk mendukung Palestina, khususnya di level internasional. Dukungan-dukungan bantuan kemanusiaan penting, tapi dukungan politik juga sangat penting. Lobi terhadap Amerika Serikat dan sekutu Israel, melalui PBB maupun berbagai jalur komunikasi diplomatik juga sangat penting,”ungkapnya.

Lebih lanjut, anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan ini menegaskan bahwa gerakan-gerakan strategis yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia dan juga warga muslim negeri harus diteruskan ke dalam kerja yang lebih terstrukur dan berdampak.

Nabil Haroen juga menilai bahwa selama ini Nahdlatul Ulama sudah sangat getol mendukung Palestina, dengan cara yang elegan. “Di Indonesia, Nahdlatul Ulama sudah jelas dukungannya terhadap Palestina, dengan kongkret memberikan bantuan, doa serta dukungan moral yang kuat. Ketum PBNU Kiai Yahya C Staquf juga melakukan berbagai gerakan strategis untuk memperkuat dukungan terhadap Palestina, serta melakukan komunikasi dengan elite-elite Israel, untuk mencari cara perdamaian terbaik,” jelasnya.

Baca Juga:  Ketum Pagar Nusa: Kiai-Kiai Pahlawan Bangsa Perlu Dinarasikan

Sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat Pagar Nusa, Nabil Haroen mendorong upaya serius untuk perdamaian Israel-Palestina dalam jangka menengah dan panjang. “Pagar Nusa mengikuti arahan PBNU untuk mendukung Palestina dengan menggalang donasi, berdoa bersama, serta menggalang kekuatan solidaritas untuk rakyat Palestina,” terangnya.

Ia mengajak kader Pagar Nusa dan santri-santri Nahdlatul Ulama untuk terus mendoakan saudara-saudara di Palestina, serta dengan serius memberikan dukungan dalam bentuk apapun, sesuai dengan kapasitas masing-masing (*).

Redaksi
Redaksi PesantrenID

Rekomendasi

Tinggalkan Komentar

More in Berita