Kolaborasi Unwahas dan Unisnu Beri Pendampingan Pembuatan Media Storytelling Berbasis Pop Up Frame Di Kb Isykarima Banjaragung Bangsri

Sebagai salah satu wujud tridharma perguruan tinggi, Unwhas dan Unisnu menggelar Program Kolaborasi Pengabdian kepada Masyarakat (PKM). Kolaborasi Pengabdian Kepada Masyarakat ini berbasis kemitraan melalui kegiatan pendampingan pembuatan media story telling berbasis POP UP Frame yang bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas guru dalam merancang model pembelajaran atau aktifitas belajar mengajar yang dapat menanamkan nilai-nilai karakter anak dengan media yang menarik dan inovatif. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari senin (14/8/2022) bertempat di KB Isykarima Banjaragung Bangsri Jepara yang diikuti oleh guru dan tenaga kependidikan di KB Isykarima.

Pengabdian Kepada Masyarakat ini merupakan kolaborasi antar Perguruan Tinggi yaitu Unwahas Semarang dan Unisnu Jepara terdiri dari Tim pengabdian dosen bahasa Inggris dan mahasiswa. Tim pengabdi dosen bahasa Inggris pada Universitas Wahid Hasyim Semarang (Unwahas) antara lain adalah Ulya Himawati dan Eva Fatimah, sedangkan Universitas Nahdhlatul Ulama Jepara (Unisnu) adalah Hayu Dian Yulistianti dan Prasetiyo Yunianto. Kemudian untuk narasumber pada kegiatan pendampingan ini adalah Santi Andriyani dan Drajat Wibowo yang merupakan dosen Unisnu Jepara. Dalam kegiatan pendampingan ini materi yang disampaikan terkait tentang milestone tumbuh kembang anak usia 2-4 tahun, storytelling dan manfaatnya untuk anak usia dini, sharing bersama, dan simulasi praktik storytelling dari guru-guru KB Isyakrima.

Kegiatan pendampingan ini dimaksudkan untuk memperkaya wawasan dan meningkatkan keterampilan guru dalam membuat media storytelling yang kreatif, inovatif, ramah anak dan sekaligus dijadikan sebagai sarana penanaman nilai-nilai karakter pada anak. Selain itu, penggunaan media juga dapat menjadikan pembelajaran bermakna dan menyenangkan bagi anak sehingga dapat mengantarkan anak pada kondisi terbaiknya, ungkap dari Hayu Dian Yulistianti selaku Tim Pengabdi dari Unisnu Jepara.

Baca Juga:  Dorong Santri Kuasai Media, DINUN Adakan Pelatihan Konten dan Videografis

Sementara Ketua Yayasan Isykarima Burhan menyampaikan bahwa beliau sangat mendukung dan mengapresiasi Unisnu dan Unwahas yang telah bersedia memilih KB Isykarima sebagai mitra dalam kegiatan pengabdian. Program pengabdian ini menjadi support system bagi kami dalam meningkatkan kualitas pembelajaran anak usia dini di KB Isykarima. Harapan kami kerjasama ini terus senantiasa terjalin agar KB Isykarima semakin maju dan berkembang, tuturnya.

Kegiatan pendampingan ini dikemas sangat apik dan menarik, terbukti dengan antusiasnya para guru dalam mengikuti kegiatan ini dari awal hingga akhir serta aktif bertanya dan sharing pengalaman terkait pembelajaran di KB Isyakrima. Selain itu, para guru juga bersemangat mempraktikkan story telling dengan media pop up frame yang telah dibuat pada saat kegiatan praktik pendampingan membuat media.

Husniati salah satu guru KB Isykarima menyampaikan bahwa beliau sangat senang dengan kegiatan pendampingan ini karena semakin memperkaya wawasan dalam melakukan storytelling pada anak yang lebih menarik dan bermakna. Kegiatan ini juga memotivasi kami untuk terus senantiasa berkarya dan berinovasi dalam mendampingi tumbuh kembang anak didik kami agar dapat mengoptimalkan potensi yang dimilikinya. Sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini adalah adanya komitmen bersama para guru untuk terus senantiasa berkarya membuat inovasi media serta mengimplementasikan pembelajaran yang bermakna menggunakan media pembelajaran. []

Redaksi
Redaksi PesantrenID

Rekomendasi

Tinggalkan Komentar

More in Berita