Innalillahi, Habib Abu Bakar Assegaf Jepara

Pesantren.id – Innalillahi wa Inna ilaihi Raji’un, Habib Abu Bakar bin Segaf bin Hasyim Assegaf. Khodimul Majlis Macan Bin Segaf Jepara, meninggal dunia pada Jum’at, 27 Mei 2022 – 26 Syawal 1443. Habib Abu begitu sapaan akrabnya, meninggal dunia setelah shalat maghrib dan wiridan (zikir) di Kamar Ndalem beliau.

Meninggal dunia diperkirakan sekitar pukul 18.10 WIB dan dimakamkan pada malam itu pkl. 23.45 WIB di Ndalem rumah beliau, yang dijadikan Mabes Macan Bin Segaf Jl. Pesajen Demaan Jepara (Depan SMP N 3 Jepara).

Kepergian beliau sangat mendadak, karena hari Jum’at mulai pagi sampai sore masih aktivitas seperti biasa dengan menghadiri beberapa majlis/acara, sesampai di Rumah sore hari untuk istirahat karena rencananya setelah maghrib akan dilanjutkan Majlis Macan Bin Segaf di Krasak Bangsri, namun setelah shalat maghrib dan wiridan beliau sudah ila rahmatillah.

Habib Abu adalah salah satu dzurriyah keturunan Rasulullah, beliau juga aktif di organisasi Rabithah Alawiyah Kabupaten Jepara, beberapa kali menjadi Ketua, dan diperiode tahun ini beliau menjadi Wakil mendampingi Habib Ali Zainal Abidin Assegaf sebagai Ketuanya. Dalam mensyiarkan Islam melalui majlis zikir, sholawat dan taklim, itupun sudah tersebar diberbagai wilayah di Kabupaten Jepara, di Krapyak, Bugel, Bulak Baru, Mindahan Batealit, Kampus Unisnu, Kedungcino, Karangbagusan dan Bangsri. Keteladanan yang selalu diterapkan oleh Habib Abu adalah soal kedisiplinan waktu dan keistiqomahan yang selalu di jaga.

Semoga Allah mengampuni dosa dosanya, menerima amal ibadahnya, dijadikan ahlil jannah yang mendapat ridho Allah dan Rasulullah, amin. []

Ditulis oleh Miqdad Sya’roni

Baca Juga:  Habib
Muhammad Miqdad Syaroni
Sekretaris II PC Ikatan Seni Hadrah Indonesia (Ishari NU) Kabupaten Jepara 2015-2020.

Rekomendasi

Tinggalkan Komentar

More in Berita