game edukasi

Wabah Pandemi Covid-19 telah banyak mempengaruhi semua lini kehidupan, termasuk pendidikan. Kebijakan pendidikan yang awalnya pembelajaran tatap muka di sekolah beralih menjadi home schooling (Sekolah Dari Rumah). Home schooling merupakan salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk mencegah penyebaran virus covid-19 semakin meluas.

Home schooling dengan sistem pembelajaran jarak jauh (daring) menjadi kebijakan pemerintah, sehingga hal inilah yang melatarbelakangi keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI dengan mengeluarkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 pada tanggal 24 Maret 2020.

Sebagai bentuk kebijakan atas pelaksanaan seluruh jenjang pendidikan selama masa darurat penyebaran Coronavirus Disease di negara Indonesia, mulai dari Ujian Nasional (UN) yang dihapuskan, proses dan kegiatan belajar mengajar berbasis daring, hingga Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sekolah serta membiayai keperluan berkaitan dengan pencegahan penyebaran pandemi Covid-19.

Pada kenyataannya, belajar dari rumah menjadikan siswa jenuh, bosan, malas dan tidak produktif. Sehingga mereka rindu belajar dan bermain dengan teman-temannya di sekolah. Terlebih manusia merupakan makhluk sosial yang menjadi subjek untuk saling berinteraksi satu sama lain. Bagi sebagian anak untuk tetap fokus dan produktif selama pandemi Covid-19 merupakan hal yang tidak mudah. Apalagi jika tugas yang diberikan oleh guru banyak dan sulit. Hal ini akan menambah kebosanan siswa. Untuk mengatasi kebosanan tersebut, penulis akan memberikan beberapa uraian atau penjelasan mengenai game edukasi.

Game edukasi merupakan sebuah game yang memiliki konten pendidikan. Melalui game edukasi ini dapat membantu siswa untuk mengatasi kejenuhan selama pandemi covid-19, membantu siswa dalam memahami materi pelajaran terutama materi percentage dalam mata pelajaran Matematika, serta game ini dibuat dengan tujuan untuk menarik minat belajar siswa terhadap materi pelajaran sambil bermain dan belajar. Sehingga game edukasi ini tidak hanya sekedar berisi game, namun didalamnya juga berisi muatan pendidikan yang cenderung dapat memotivasi belajar siswa, misalnya tentang materi pelajaran Percentage dalam Matematika.

Berikut beberapa game edukasi yang dapat dimanfaatkan dan direkomendasikan oleh guru maupun orang tua untuk siswa atau buah hatinya di rumah:

  1. Bobby Bola

Bobby Bola merupakan suatu produk Edu-Games yang mempunyai muatan materi pendidikan dan berbentuk permainan interaktif yang berguna untuk melatih, mengembangkan dan meningkatkan daya kreatifitas dan kecerdasan anak-anak. Dalam game Bobby Bola terdapat salah satu materi pelajaran Matematika yang menyajikan prosedur game “belajar sambil bermain” dengan interaktif dan menyenangkan, misalnya yaitu pada judul “Berkeliling di Negeri Awan”. Dalam game tersebut, seorang player harus menyelesaikan beberapa tahapan permainan untuk mendapatkan beberapa reward yang akan diterima setelah permainan selesai. Pada umumnya game Bobby Bola ini cocok dimainkan untuk anak usia 4-5 tahun.

  1. Billy dan Tracy

Billy dan Tracy merupakan salah satu permainan edukasi yang didalamnya menyajikan beberapa tahapan permainan yang dapat membantu siswa agar menikmati belajar sambil bermain. Dalam permainan ini, anak-anak akan dibawa pada suasana belajar sambil bermain yang menyenangkan, tidak membosankan dan interaktif. Dalam game Billy dan Tracy terdapat salah satu materi pelajaran Matematika yang menyajikan prosedur game “belajar sambil bermain” dengan interaktif dan menyenangkan, misalnya yaitu pada judul “Billy dan Tracy Ekspedisi Poncano”. Dalam game tersebut, yang berhubungan dengan materi Percentage dalam mata pelajaran Matematika adalah dengan tahapan permainan dimana player harus mengkorelasikan beberapa tabung yang telah disediakan di dalam game, kemudian tabung-tabung tersebut dijadikan jawaban dari tabung yang berisi soal-soal Percentage.

  1. Diner Dash

Diner Dash merupakan salah satu game edukatif dan interaktif yang didalamnya berisi konten manajemen waktu yang diciptakan dan dikembangkan oleh studio GameLab, kemudian dipublikasikan oleh San Francisco berbasis PlayFirst. Game Dinner Dash juga termasuk game yang mempunyai konsep pengusaha restoran ingin mengembangkan dan meningkatkan bisnis restoran dengan visi melayani customer sebaik dan seramah mungkin. Sehingga bisnis restoran ini dapat mencapai target yang diinginkan dan menjadikan restoran semakin maju dan dikenal masyarakat luas.

Dalam game Dinner Dash ini, terdapat gadis yang bernama Flo menjadi tokoh dan karakter utama dalam memulai karir bisnis di restoran sebagai waitress atau pelayan. Dalam game ini, player mendapatkan tantangan untuk melayani customer bukan hanya satu, melainkan banyak customer secara bersamaan. Sebagai waitress di restoran, Flo dituntut untuk bisa membuat customer nyaman dan bahagia dengan pelayanan restoran, seperti menerima orderan, membersihkan meja yang kotor, mengumpulkan beberapa tips pelayanan restoran yang baik dan benar serta prosedur menghidangkan makanan.

Dalam game Diner Dash ini, ada beberapa pesan yang dapat diambil yaitu bagaimana cara agar kita dapat menyusun strategi, memanajemen waktu dan proses simulasi yang baik dalam mewujudkan impian yang ingin dicapai. Sehingga dengan adanya impian tersebut, dibutuhkan motivasi dan etos kerja yang baik. Agar hasil yang diharapkan dapat dicapai dengan maksimal .

Dengan adanya beberapa game edukasi diatas, siswa dapat bermain sambil belajar yang dapat membuat gaya belajar siswa menjadi interaktif dan menyenangkan. Selain itu, dengan menerapkan konsep bermain sambil belajar ini, dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran yang terus bertambah, serta dapat mengurangi tingkat kejenuhan siswa selama masa pandemic covid-19.

Tujuan yang hendak dicapai dari materi Percentage dalam mata pelajaran Matematika adalah agar siswa dapat memahami materi mengenai penjumlahan dan pengurangan. Melalui game edukasi ini juga semoga dapat membantu guru dalam memenuhi kebutuhan dalam proses mengajar. Sedangkan bagi orang tua siswa dapat merekomendasikan salah satu game yang sangat bermanfaat untuk proses belajar dan meningkatkan kreativitas belajar anak selama belajar di rumah.

Semoga bermanfaat! (IZ)

Nurul Maslihah
Mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IPMAFA Pati

    Rekomendasi

    Tinggalkan Komentar

    More in Opini