Penguatan Ukhuwah Islamiyah Desa Karang Besuki

Assalamu’alaikum teman-teman semua, gimana kabarnya…

Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan, keselamatan dan kemudahan dalam menjalankan semua aktifitas ya. Eh ngomong ngomong tahun ini banyak banget kabar beredar yang memilukan hati, tak dipungkiri lagi, perubahan zaman yang sangat melaju sangat disambut baik oleh masyarakat indonesia. Akan tetapi saya mengamati akhir akhir ini kekuatan gotong royong sudah mulai surut dan kekeluargaan yang dibina dari dulu kian menghilang. Disini sangat penting bagi kita menjelaskan kepada masyarakat akan pentingnya suatu ukhuwah islamiyah.

Persaudaraan yang didasari dengan ukhuwah islamiyah akan terbangun dengan kuat, karena ukhuwah islamiyah dapat melenyapkan permusuhan antar satu sama lain, betapa urgen nya menjaga tali persaudaraan antar sesama umat manusia, menjaga tali persaudaraan dengan ukhuwah Islamiyah juga bis akita terapkan dalam intern, yakni di keluarga kecil, bisa juga diterapkan di sircle pertemanan, dan juga bis akita terapkan di tempat kerja kita. Saling mengingatkan juga termasuk salah satu ukhuwah Islamiyah.

Allah berfirman dalam surat al-hujarat ayat 10 sampai 13 yang menjelaskan mengenai  semua orang mukmin adalah bersaudara. Dan Allah melarang orang-orang yang beriman cepat berprasangka buruk kepada sesamanya, sebab sebagian prasangka adalah dosa sehingga kita harus menjauhi berprasangka tersebut. Prasangka yang buruk juga menjadikan hati kita menjadi keras dan sulit untuk dapat menerima nasehat dari orang lain.

Hikmah dari ukhuwah islamiyah adalah memper erat tali persaudaraan, persatuan dan kesatuan umat islam, menjadikan ketaqwaan seseorang lebih sempurna, terjaminnya rasa aman, serta memperkuat jiwa keimanan kita. Kali ini kita akan mengetahui penerapan ukhuwah islam yang sudah dijalankan di kecamatan Gasek Karang besuki. Jika kita ketahui dulunya desa gasek ini termasuk desa yang Abangan akan tetapi kini menjadi bagian masyarakat yang agamis dan terjalin erat komunikasi antar sesama.

Baca Juga:  Bagaimana Kerangka Al-Qusyairi Digunakan untuk Menghadapi Masyarakat Indonesia?

Ukhuwah isamiyah di Daerah Gasek KarangBesuki ini terbilang sangat baik baik dan mempunyai komunikasi yang terbuka antar masyarakatnya. Ketika ada hajatan semua orang berbondong-bondong untuk ikut andil mengikutinya, mereka juga saling mengingatkan apabila ada kesalahan yang kurang benar guna untuk menjaga kesjahteraan masyarakat itu sendiri. Masyarakat ngunut dalam kegiatan keagamaan juga sangat kompak dan semangat dalam mengikutinya, seperti Rutinan dibaan, rutinan sholawat, rutinan khataman Al-Qur’an dll

Dengan diadakan kegiatan kegiatan keagamaan menjadi salah satu faktor kuatnya jalinan komunikasi dan tali silaturrahmi antar satu sama lain serta membangun kepercayaan sesama masyarakat. Memang zaman yang serba canggih ini terkadang membuat kita lalai untuk bersilaturrahmi dan menjalin hubungan komunikasi baik. Akan tetapi jika mengedepankan serta mampu mengamalkan ukhuwah islam yang baik di kalangan masyarakat insyaallah kemudahan hidup bermasyarakat akan kita rasakan.

Masyarakat Karang Besuki selain dalam penguatan ukhuwah islam keagamaan juga memiliki kekompakan dalam bersih desa, masyarakat yang ramah dan saling berkolaborasi antar satu sama lain guna membangun desa gasek yang lebih baik, di sini meskipun ada yang berbeda agama dengan kita akan tetapi tidak mengurangi rasa hormat dan tenggang rasa antar sesame warga, saya sebagai pendatang baru dari desa gasek sangat berterimakasih atas kebaikan dan kesopanan masyarakat yang tidak memandang dari mana asal orang yang di ajak bicara dan tidak memandang dari sudut mana dia berada.

Pesan saya jangan lupa untuk selalu menjaga komunikasi dan saling tenggang rasa antar satu sama lain, yang terpenting jangan meremehkan kekuatan ukhuwah islam, dengan kita menjaga tali silaturrahmi dan menjalin komunikasi baik maka mudahlah bagi kita untuk hidup di kalangan masyarakat, karena kita adalah manusia biasa yang pasti akan membutuhkan bantuan kepada sesame manusia lain. Untuk itu perkuat hablumminannaas dan perbaiki komunikasi serta perkuat hablumminannass. []

Baca Juga:  Ijazah Kerasan Mondok

Sekian, terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Nuriyatul Qomariyah
SD Islam Sunan Giri Ngunut Tulungagung SMP Islam Sunan Gunung Jati SMA Islam Sunan Gunung Jati Mahasiswi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

    Rekomendasi

    Tinggalkan Komentar

    More in Opini