proclos

PROCLOS

Betapa saya harus menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan manakala saya dipertemukan dengan Harry Cahyadi, pada suatu saat dan dengan cara yang amat mengesankan. Ia seorang pemuda tampan jebolan Sekolah Tinggi Filsafat (STF) Driyarkara. Pertemuan itu terjadi di suatu tempat di mana saya biasa nongkrong untuk ngopi di bilangan Menteng, saat saya masih sering di Jakarta.

Sesudah bicara “ngalor-ngidul” (kesana kemari) disertai basa basi ala orang Jawa, dia memberi saya sebuah buku “Proclos: Sebuah Pengantar”, karya Radek Chlup, yang diterjemahkannya dengan begitu apik, cermat, akurat dan cemerlang. Harry Cahyadi temannya filsuf A. Setyo Wibowo, juga menulis buku penting:”Paideia, Mendidik Negarawan Menurut Platon“.

Tetapi betapa mengejutkan saya, manakala dia kemudian meminta saya menulis “kata-kata” untuk sebuah buku tentang pikiran tokoh besar yang bagi saya teramat asing ini. Ya tentang Proclos itu.

Proclos, nama yang tak pernah melintasi pikiran saya. Bagaimana mungkin saya dengan latarbelakang disiplin pengetahuan keagamaan tradisional (pesantren) sanggup mengarungi pikiran-pikiran filsafat yang begitu rumit berikut terma-termanya yang tak banyak saya ketahui, pahami dan mengerti?. Apalagi dalam kurun waktu sekitar sepuluh abad, filsafat menjadi keilmuan yang seperti terlarang dikaji dalam dunia muslim ortodoks. Ia acap kali dipandang sebagai entri point (madkhal) bagi segala petaka sosial dan kemanusiaan. Mantiq (Logika) dan Filsafat haram dipelajari. Masih terngiang-ngiang di kepala saya syair dalam buku “al-Sullam al-Munawraq fi ‘Ilm al-Mantiq“, karya Abu Zaid Abd al-Rahman al-Akhdhari, yang diajarkan kepada saya dan para santri di Pesantren :

فابن الصلاح والنووى حرما وقال قوم ينبغى ان يعلمان

Ibnu Shalah (1181-1243 M) dan Abu Zakaria Yahya bin Syaraf an-Nawawi (1233-1277 M) mengharamkan mempelajari ilmu Mantiq. Sementara beberapa ulama lain menganjurkannya. Mereka antara lain Abu Hamid Muhammad al-Ghazali (1059-1111 M). Kedua ulama yang mengharamkan itu adalah “Muhaddits“, ahli hadis besar, panutan umat Islam.

Baca Juga:  Islamophobia dan Radikalisme Islam: Apakah Sebuah Ancaman?

Tetapi saya juga sempat membaca buku: “Manahij al-Bahts inda Mufakkiri al-Islam“, karya Dr. Ali Sami Nasyar, yang berbunyi :

ان الشافعي كان يقول حين ساله الرشيد فى علمه بالطب : اعرف ماقالت الروم مثل ارسطاطاليس ومهراريس وفرفوريوس وجالينوس وبقراط واسدفليس بلغاتهم. هذا ما ذكره ابو عبد الله الحاكم فى كتابه مناقب الشافعي. (على سامى نشار : مناهج البحث عند مفكرى الاسلام، ص ٨٤)

Imam Syafi’i, ketika ditanya Khalif Harun al-Rasyid tentang pengetahuannya dalam ilmu kedokteran, mengatakan :”Aku mengetahui apa yang dibicarakan oleh orang-orang Romawi, seperti Aristoteles, Mehraris, Gelenus, Epicuros dan Osdoples dalam bahasa mereka”.

Sebelum Harry menyerahkan buku itu, saya sempat mengatakan kepadanya : “Aku kira tiga atau empat peradaban besar: Yunani, Persia, India atau Cina hadir di tengah-tengah dunia gelap, untuk satu cita-cita: “Menyebarkan Cahaya Ketuhanan”. Mereka telah menemukan Cahaya itu dalam belukar dan gelap alam semesta, meski melalui jalan, cara dan bahasa yang berbeda-beda. Ketika Cahaya itu nyaris redup dan sekarat, Akademia Plato di Athena disegel oleh Gereja, sarjana-sarjana muslim sekitar dua abad kemudian hadir di Alexandria, Mesir, lalu menyelamatkan dan menghidupkannya kembali. Mereka membaca karya-karya dua filsuf raksasa: Platon dan Aristoteles, serta kemudian Plotinus. Begitu saya bercerita seperti orang yang mengerti saja, padahal hanya kira-kira atau spekulatif saja. Saya pernah mendengar atau sedikit pernah membaca. Harry setia mendengarkannya, sambil matanya menatap mata saya. Kopi saya minum lagi. [HW]

Bersambung.

Husein Muhammad
Dr (HC) Kajian Tafsir Gender dari UIN Walisongo Semarang, Pengasuh PP Darut Tauhid Arjowinangun Cirebon, Pendiri Yayasan Fahmina Institute

Rekomendasi

Tinggalkan Komentar

More in Opini