Konferensi Cabang Ke-15 Nahdlatul Ulama Kota Malang

MALANG, Pesantren.id – Konferensi Cabang (Konfercab) ke-15 akan dilaksanakan bersamaan dengan pemilihan Rais Syuriyah dan Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Malang. Perhelatan ini akan digelar besok Ahad (6/2/2022) bertempat di Universitas Widyagama Malang dengan mengusung tema “Memantapkan Peran Nahdlatul Ulama Kota Malang dalam Membangun Kemandirian dan Keadaban Umat”.

Tema tersebut memiliki makna yang sangat penting tentang prinsip-prinsip dalam Nahdlatul Ulama. Tentu saja, selain masih satu visi dengan tema Muktamar ke-34 NU di Lampung tema tersebut akan menjadi fokus dan kerja strategis kepengurusan Nahdlatul Ulama Kota Malang selama lima tahun kedepan.

Menurut Prof. Dr. Kasuwi Saiban selaku Ketua SC (Steering Committee), forum permusyawaratan tertinggi tingkat Cabang yang digelar lima tahunan ini bertujuan untuk mempertanggungjawabkan serta mengevaluasi amanat konferensi sebelumnya. Selain itu untuk menyusun program strategis dan memilih pengurus masa khidmat 2022-2027 sebagai babak baru bagi Nahdlatul Ulama dalam membangun masyarakat dan warga NU di Kota Malang.

“Panitia telah menyusun materi-materi yang akan dibahas saat Konfercab berdasarkan kebutuhan umat saat ini, terutama masyarakat atau warga nahdliyyin Kota Malang. Kami juga merespon isu-isu terkini terkait kebijakan pemerintah lokal, penguatan ekonomi umat, dan strategi membangun kemandirian organisasi”, imbuh pria yang juga menjabat Wakil Rais Syuriah PCNU periode 2017-2022 tersebut.

Sementara di pihak lain, H. Achmad Diny Hidayatullah yang juga panitia perumus materi Konfercab ke-15 menyebutkan bahwa sebagian isu-isu strategis yang akan dibahas dalam Konfercab kali ini telah didiskusikan dalam Mustawarah Kerja (Musker) Cabang Nahdlatul Ulama pada 12 Desember 2021 di Hotel Pelangi Malang.

“Salah satunya berkaitan dengan penataan organisasi di tingkat Ranting dan Anak Ranting berdasarkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga hasil Muktamar NU ke-34” tegas pria asal Sukun tersebut.

Baca Juga:  Kredo Perjuangan Ansor

“Ada juga isu terkait program kemitraan dengan hexahelix atau multipihak untuk penguatan ekonomi umat, dan penguatan pendidikan kader profesional yang siap didistribusikan pada lembaga pemerintah atau non pemerintah”, sebut pria yang menjabat Kepala Pusat Pengelola dan Pengembangan Sistem Remunerasi UIN Maliki Malang tersebut.

Perhelatan ini akan dihadiri oleh delegasi dari 130an ranting NU sebagaimana Surat Keputusan PCNU Kota Malang, ditambah dengan para pengurus harian, lembaga, badan otonomo, dan forum koordinasi pimpinan daerah Kota Malang. Kegiatan akan dimulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB yang terdiri dari beberapa sidang komisi dan pleno. []

 

Narahubung:

Dr. Mohammad Mahpur (Sekretaris SC)

+62 813-3572-9355

Redaksi
Redaksi PesantrenID

Rekomendasi

Tinggalkan Komentar

More in Berita