Webinar International Research Series in Computer Science Oleh UIN Sunan Ampel Surabaya dan Universitas dan Universitas Mara Malaysia

Pesantren.id – Pada Hari ini Kamis, tanggal 5 Agustus 2021, pukul 09.00 s.d 12.00 WIB, Fakultas Sains dan Teknologi UiN Sunan Ampel Surabaya mengadakan acara webinar Internasional Research Series 1 In Computer Science. Kegiatan digelar secara daring melalui media zoom meeting dengan diikuti oleh 300 lebih partisipan. Acara tersebut berlangsung secara lancar. Partisipan terlihat antusias aktif bertanya pada narasumber ketika narasumber selesai memaparkan materi.

Acara tersebut dipandu (MC) oleh Ibu Yuniar Farida, MT selaku dosen prodi Matematika UIN Sunan Ampel Surabaya. Moderator dari UINSA dipandu oleh Bapak Dr. Abdullah Hamid., M.Pd dan Moderator dari UiTM oleh Ibu Dr. Ruzita Ahmad.

Acara tersebut dibuka dengan sambutan dari Rektor UiTM Prof. Dr. H. Khudzir, dilanjutkan oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Ibu Dr. Evi Fatimatur Rusydiyah, M.Ag dan Rektor UINSA, bapak Prof. H. Masdar Hilmy, Ph.D.

Setelah sambuatan dari Rektor UiTM, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi dan Rektor UINSA kemudian ditutup doa oleh Bapak Lutfi Hakim, M.Ag dan selanjutnya pemaparan materi dari keempat narasumber.

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Ibu Dr. Evi Fatimatur Rusydiyah, M.Ag dan Rektor Uinsa Surabaya, Prof. H. Masdar Hilmy dalam sambutannya menyambut baik kerjasama dengan UiTM, terutama di era disrupsi yang dinilai penting untuk menjalin kerjasama dan kolaborasi dengan berbagai pihak. Kerjasama dan kolaborasi dalam bidang research, pertukaran ilmu pengetahuan, pengabdian atau lainnya, seperti pada kegiatan Webinar Internasional ini. Harapannya ada Webinar lanjutan setelah ini.

Narasumber/Speaker Acara webinar Internasional Research Series 1 In Computer Science antara lain Prof, Madya Ts, Dr.shukor Sanim Mohd Fauzi, Mohammad Hafiz Ismail, Aris Fanani, M.Kom dan Dian C Rini Novitasari, M.Kom.

Baca Juga:  International Webinar Dunia Santri Community ”Menjelajah Dunia dengan Beasiswa”

Narasumber 1 oleh Prof, Madya Ts, Dr.shukor Sanim Mohd Fauzi selaku dosen UiTM menyajikan materi tentang “Using Software Repositories to Investigate Socio-Technical Engineering Project”. Narasumber 1 menyimpulkan bahwa tujuan penelitian ini untuk memverifikasi kesesuaian STC sebagai ukuran koordinasi, memeriksa lebih dekat peran kesadaran kelompok dalam penelitian koordinasi pengembang dalam rekayasa perangkat lunak dan memvalidasi STC sebagai ukuran koordinasi kesadaran kelompok implisit.

Narasumber 2 oleh Mohammad Hafiz Ismail selaku dosen UiTM menyajikan materi tentang “Generative Adversarial Network for Extracting Mango Feature”, dalam hasil pembahasan beliau menyatakan bahwa dengan Pix2Pix cGAN dapat menghasilkan gambar sintaksis berdasarkan parameter yang ditetapkan oleh gambar input. Fitur gambar yang dihasilkan tergantung pada gambar input yang disediakan, jika input bagus maka output akan bagus. Keuntunganya adalah cara lebih cepat untuk extract feature, mengidentifikasi tipe kecacatan, lebih mudah memperkirakan cacat area kerusakan, digunakan untuk input model machine learning penilaian buah.

Narasumber 3 oleh Bapak Aris Fanani, M.Kom selaku Kaprodi Matematika Fakultas Saintek UINSA menyajikan materi tentang “Geometric Feature Extraction of Batik Image”, dalam hasil pembahasan beliau menyimpulkan bahwa sistem yang diusulkan dapat melakukan ekstraksi ciri geometrik citra batik, merepresentasikan fitur ke dalam beberapa titik kontrol kurva kardinal spline dan merekonstruksi citra batik dengan menggunakan representasi kurva spline kardinal.

Narasumber 4 oleh Ibu Dian C Rini Novitasari, M.Kom selaku Dosen Matematika Fakultas Saintek UINSA menyajikan materi tentang “Modification Deep Learning to Detect Covid-19”, dalam hasil pembahasan beliau menyimpulkan bahwa metode modifikasi deep learning yang digabungkan pada hasil feature learning CNN (googleNet dan ResNet) dengan Support Vector Machine (SVM) menghasilkan akurasi yang tinggi dan waktu komputasi cepat. []

Redaksi
Redaksi PesantrenID

Rekomendasi

Tinggalkan Komentar

More in Berita