Peringatan Hari Santri Nasional 2022 di MIS Syarifatul Ulum Berjalan Sukses

Pesantren.id – Peringatan Hari Santri Nasional merupakan moment yang sangat penting untuk para santri di Indonesia. Peringatan hari santri nasional ini bertujuan untuk memperingati peran besar para Kyai dan santri dalam perjuangan melawan penjajah, seta untuk menambah rasa juang kita dalam bela negara yang kian hari semakin merosot ditengah-tengah era globalisasi yang kian tak terbendung.

Peringatan hari santri ini bertepatan degan keluarnya resolusi jihad yang digaungkan oleh hadlratus syaikh KH. Hasyim Asy’ari pendiri Nahdlatul Ulama sebagai bentuk perlawanan bangsa Indonesia terhadap kaum imperialis barat. Dimana dalam isi resolusi tersebut mewajibkan bagi setiap orang yang berada dalam radius 94, yang didalamnya terdapat musuh diwajibkan untuk melawannya dan tidak boleh mundur. Oleh karena resolusi tersebut genjatan senjata terjadi selama 4 hari di Surabaya.

MIS Syarifatul Ulum merupakan lembaga penddikan islam yang berada di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Syarifatul Ulum yang memiliki visi sebagai pusat pembelajaran, pengamalan, pengkajian dan penjagaan ilmu dan paham agama ala ahlussunnah wal jama’ah dan pusat pengabdian masyarakat. Pada tanggal 25 oktober 2021 MIS Syarifatul Ulum resmi berdiri yang ditandai dengan keluarnya izin operasional SMP Syarifatul Ulum. Kegiatan milad MIS Syarifatul Ulum ini sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas berdirinya MIS Syarifatul Ulum juga sebagai penambah semangat juang bagi para pendidik dan peserta didik di MIS Syarifatul Ulum.. Adapun rangkaian kegiatan tersebut diadakan dari tanggal 15-25 Oktober 2022 di lingkungan Pondok Pesantren Syarifatul Ulum diantaranya adalah:

  1. Opening Ceremony (Pembukaan)
  2. Gebyar Lomba Internal

Akademik:

  1. MQK (Musabaqah Qiraatil Kitab)
  2. LCC (Lomba Cerdas Cermat)
  3. Lomba Pidato
  4. Lomba Membaca Puisi
  5. Lomba Membaca Tartil
Baca Juga:  Perayaan Hari Santri Ala Pesantren Yanbu'ul Ulum

Lomba internal Non Akademik:

  1. Futsal ( Pa )
  2. Estafet ( Pi )
  1. Apel Hari Santri Nasional

Hari                             : Sabtu, 22 Oktober 2022

  1. Bakti Sosial

Kegiatan bakti sosial ini meliputi :

  1. Bersih-bersih masjid dan memberikankenang-kenangan kepada masjid sekitar desa Sekaralas
  2. Cek kesehatan Gigi dan Mulut serta donor darah
  3. Seminar Kesehatan
  1. Malam Puncak Lailatus Shalawat

Hari                             : Selasa, 25 Oktober 2022

Hari Santri adalah peringatan jasa dan keteladanan para pahlawan secara umum, yakni sebagai momentum mengenang kepahlawanan segenap bangsa Indonesia, bukan hanya satu kelompok tertentu saja. Hari Santri harus benar-benar di pahami dan hayati dan tugas generasi saat ini mesti tidak turut serta berjuang bertaruh nyawa untuk negara dan bangsa Indonesia, namun bisa mensyukuri kemerdekaan dan mengenang jasa para pahlawan dengan membulatkan tekad untuk meneladani perjuangan mereka sesuai momentum dan peran yang dihadapi masing-masing. []

Redaksi
Redaksi PesantrenID

Rekomendasi

Tinggalkan Komentar

More in Berita