Pelaksanaan Uji Coba Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Provinsi Tahun 2021 Berjalan Lancar

Pesantren.id – Kegiatan lanjutan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) setelah tingkat kabupaten/kota adalah KSM tingkat provinsi. Rangkaian kegiatan ini berlangsung sejak hari Sabtu, 18 September 2021 dengan agenda uji coba aplikasi CBT. Kegiatan uji coba ini terdiri dari dua sesi, masing-masing sesi berdurasi 120 menit. Sesi pertama untuk tingkat MA/SMA yang dimulai pukul 07.30 WIB hingga 09.30 WIB.

Kegiatan pada sesi pertama ini diikuti oleh sebagian besar peserta MA/SMA dari seluruh Indonesia. Beberapa kendala yang dihadapi meliputi hal-hal teknis yang dapat segera diatasi oleh peserta dengan bantuan panduan dari helpdesk dan proktor dari masing-masing kantor wilayah. Diantara kendala teknis yang terjadi, kendala yang lebih sering dihadapi adalah jaringan internet yang kurang stabil dan pemadaman listrik di beberapa daerah. Mengenai kendala ini, panitia memberikan toleransi waktu tambahan untuk peserta yang mengalami kendala.

Peserta dapat melihat panduan menjawab soal dan penggunaan aplikasi, seperti soal pilihan ganda dan isian singkat pada video tutorial yang telah dipersiapkan oleh panitia di kanal youtube. “Soal pilihan ganda memang tinggal klik jawaban yang diinginkan, tetapi soal isian singkat memiliki ketentuan untuk menjawabnya, seperti hanya angka, kata-kata atau perpaduan antara angka dan kata semisal “Rp120.000,00”, “123456”, “mitokondria” dan lain sebagainya.

Sesi kedua uji coba dijadwalkan untuk tingkat MTs/SMP dan MI/SD dilaksanakan pada pukul 10.30 WIB hingga 12.30 WIB.  Sejalan dengan kegiatan uji coba pada sesi pertama, kegiatan pada sesi kedua ini juga berjalan dengan lancar hingga akhir sesi berakhir. []

Baca Juga:  Kitab Mafatih Al-'Ulum: Al-Khawarizmi (1)
Redaksi
Redaksi PesantrenID

Rekomendasi

Istri Shalihah (1)
Opini

Istri Shalihah (1)

Istri shalihah telah lama menjadi kosa kata yang populer dalam masyarakat Indonesia. Pada ...

Tinggalkan Komentar

More in Berita