Peduli Korban Erupsi Gunung Semeru: NU Lenteng Lakukan Penggalangan Dana

Pesantren.id – NU Lenteng bersama para banom, Ansor, Pergunu, Muslimat, Fatayat, IPNU, IPPNU dan Pagar Nusa,  melakukan penggalangan dana untuk korban erupsi gunung semeru Lumajang, yang dilaksanakan di Pasar Lenteng Kabupaten Sumenep, Kegiatan ini Insya Allah akan berlangsung selama satu minggu ke depan. Aksi ini merupakan kegiatan sosial untuk membantu secara finansial untuk kemanusiaan. (8/12/2021)

Kiai Moh. Saleh Hasan selaku ketua NU Lenteng  Bersama Kiai Mannan selaku rois juga menghadiri pada acara  tersebut sekaligus membuka kegiatan tersebut yang dimulai pada jam 06: 30 yang bertempat di sebelah timur  halaman Masjid al-Ikhlas Kecamatan Lenteng, pengurus banom yang hadir sekitar 30 orang baik dari dari pengurus harian maupun semi  banom MDS RA serta Banser Lenteng, Kiai Moh Saleh Hasan dalam pembukaannya menyampaikan “bahwa dalam penggalangan dana kali ini, marilah niatkan untuk pengabdian diri kita kepada Allah, Rasulullah dan kepada Muassis NU agar kita senantiasa di akui sebagai santri beliau”.

Peduli Korban Erupsi Gunung Semeru: NU Lenteng Lakukan Penggalangan Dana

Penggalangan Dana Peduli Erupsi Gunung Semeru oleh Pengurus NU Lenteng dan Banom

Sebenarnya dalam pengabdian di NU tidak  melihat status kepengurusan kita, baik ditingkat Pengurus besar, pengurus wilayah, pengurus cabang, anak cabang ataupun ranting. Semuanya adalah sama “Mengabdi untuk umat”.  maka siapa yang semangat, dialah yang  akan mendapatkan pahala dan barakah yang banyak. Hal tersebut sesuai dengan  sebuah adagium menarik “ Bahwa Pekerjaan sesuai dengan kelelahannya”. Marilah kita sebagai kader muda Di tingkat banom ini, mumpung kita di percaya sebagai pengurus, maka gunakanlah kesempatan ini sebaik mungkin sebagai manusia yang “ anfauhum linnas” paling bermanfaat kepada manusia lainnya. Kegiatan semacam ini menurut saya merupakan kegiatan terbaik, karena dapat membantu banyak orang bahkan ratusan orang melalui penggalangan dana ini.

Baca Juga:  7 Rahasia KH Maimoen Zubair Mendidik Anak dan Santri Menjadi Kader Bangsa dan Dunia Masa Depan

Lebih lanjut Moh Saleh Hasan menegaskan dengan diksi yang memukau “sekecil apapun dana yang terkumpul, jangan sampai mematahkan semangat juang hari ini, sehingga untuk di hari selanjutnya kita tidak lagi berpartisipasi. Kami ucapkan sekali lagi, bahwa kegiatan semacam ini  kami menyambutnya dengan penuh gembira, semoga  partisipasi dan dukungan kita kepada para korban erupsi gunung semeru Lumajang, selalu dalam lindungan Allah. Dia juga memberikan arahan tentang Rute seharusnya dimulai dari Toko Basmalah hingga dalam pasar, termasuk penjual sayur-mayur dan para pedangan ayam bahkan para pengendara mobil dan motor juga diminta.

Menurut Eros selaku perwakilan dari Ansor di bagian Banar, dia sebagai kordinator lapangan dalam penggalangan dana kali ini, dia menuturkan, bahwa kegiatan ini akan berlangsung selama satu minggu dengan personil yang berbeda setiap harinya, dan  diutamakan pengurus harian dari seluruh tingkatan banom NU Kecamatan Lenteng.

Sedangkan dari perwakilan Fatayat, Fathiyah dan pengurus IPPNU dan Muslimat juga bergabung dalam kegiatan ini, sehingga dari seluruh personil yang tergabung pada jam 8: 20 seluruh anggota mencapai telah mencapai 35 orang. Semuanya sudah menyebar di pasar Lenteng  dengan cara yang berbeda-beda. Ada yang meminta dengan nada lirih, ada yang memintanya dengan nada lantang, namun intinya untuk mencapai sebuah kesuksesan dalam penggalangan ini harus menjaga kekompakan antar anggota, sehingga menghasilkan  sebuah kepuasan.

Alhamdulillah setelah para banom NU bergerilya kedalam pasar dari satu pedagang ke pedagang yang lain, mayoritas dari mereka menyisihkan uangnya, meskipun dengan nilai yang kecil, namun dari banyaknya penyumbang, pada jam 9 pagi Muhammad wasil selaku ketua ansor Lenteng mencoba untuk menghitung jumlah keseluruhan dari 4 kotak kardus tersebut, ternyata  uang telah mencapai nilai 3.000.000-an. []

Hamdi
Abdi Di PP Tarbiyatul Banat Moncek Tengah, Aktif di Organisasi Kepemudaan, Minat/ Hobi Membaca dan sebagian tulisannya dimuat di berbagai media online, selain itu aktif membuat konten youtube tentang pendidikan.

    Rekomendasi

    Opini

    Habib

    Saya belum masuk kategori muhibbin, para pecinta Habaib. Level saya masih awam. Tahap ...

    1 Comment

    Tinggalkan Komentar

    More in Berita