Mengharukan, Pesan Rektor Universitas Al-Ahgaff kepada Wisudawan Indonesia Menyentuh Hati

Tarim, Pesantren.id – Jumat (30/06/22) kemarin, Universitas Al-Ahgaff kembali mengadakan wisuda untuk fakultas Syariah dan Hukum angkatan ke 23 dan Fakultas Ilmu Keislaman angkatan pertama di Auditorium Utama Universitas Al-Ahgaff, Tarim, Hadhramaut, Yaman.

Turut hadir dalam kesempatan yang berbahagia ini Rektor Universitas Al-Ahgaff, Abuya Al-Habib Abdullah bin Muhammad Baharun dan Abuya Alwi bin Abdurrahman Al-Attas, seluruh asatidzah Dewan pengajar di 2 Fakultas tersebut dan para mahasiswa dari berbagai belahan negara, beserta tamu undangan.

Acara ini dibuka dengan pertunjukan tari Syabwani yang dibawakan oleh Masyarakat Tarim di lapangan kampus Al-Ahgaff pada sore hari. Lalu dilanjutkan dengan Maulid Nabi Muhammad saw setelah salat Maghrib berlangsung.

Memasuki acara inti yang dimulai setelah salat Isya, Rektor Universitas Al-Ahgaff, Abuya Al-Habib Abdullah Baharun membuka arak-arakan dari lapangan menuju Auditorium Utama Universitas Al-Ahgaff. Kemudian diikuti oleh dewan guru dan seluruh mahasiswa yang akan diwisuda pada malam hari ini.

Acara utama pun dimulai dengan pembukaan oleh MC, tilawah Al-Qur’an dan pembacaan Hadis Nabawi dengan sanad muttasil hingga Rasulullah SAW. Lalu dilanjutkan dengan kata sambutan dari perwakilan wisudawan dan Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Al-Ahgaff.

Kemudian berlanjut dengan pemberian penghargaan dari para wisudawan kepada Rektor Universitas Al-Ahgaff, Dekan Fakultas Syariah dan Hukum, Kepala Bidang hingga tenaga pembantu Universitas yang bergerak pada berbagai bidang.

Sambutan selanjutnya dari Rektor Universitas Al-Ahgaff, Abuya Al-Habib Abdullah Baharun. Beliau menyampaikan ucapan selamat atas terwisudanya para mahasiswa, beliau berpesan kepada para wisudawan agar selalu menjaga diri, menjaga hati dan iman, beliau juga mengamanatkan agar senantiasa bertaqwa kepada Allah di saat kapanpun, khususnya di zaman yang penuh dengan fitnah ini.

Baca Juga:  Ketum PBNU akan berkoordinasi dengan Presiden Jokowi untuk mensukseskan Pendirian Masjid Indonesia di London

Beliau menuturkan nasehat: “Ketahuilah anak-anakku, bahwa fitnah sekarang ini bergelombang seperti halnya ombak lautan yang saling berbenturan, Hendaknya kalian menjaga diri kalian, dengan menjaga hati dan iman. Karena masa sekarang adalah masa perubahan, masa yang banyak terjadi transformasi. Perubahan-perubahan semacam ini membutuhkan akal yang mampu untuk berfikir, dan tidak bertentangan dengan dengan perintah kitab dan sunnah.”

Agenda kembali bersambung dengan pemberian penghargaan kepada para Mahasiswa yang mendapat nilai Cumlaude yang berjumlah 14 orang, 6 diantaranya merupakan putra bangsa Indonesia. Kemudian pemberian penghargaan kepada 19 orang wisudawan yang telah menyelesaikan hafalan 30 juz Alquran.

Acara berlanjut dengan pemberian penghargaan dan pengukuhan para wisudawan yang berjumlah 92 orang dari Fakultas Syariah dan Hukum dan 13 orang dari Fakultas Ilmu Keislaman. Dan diakhiri dengan foto bersama para wisudawan dengan Rektor, Dekan dan para dewan guru Universitas Al-Ahgaff.

Selamat untuk para wisudawan. Semoga ilmu yang telah didapat selama ini dapat bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga hingga nusa, bangsa dan agama. Sekian. []

Reporter : Ahmad Raja Azani
Mahasiswa Universitas Al-Ahgaff tingkat 3

Redaksi
Redaksi PesantrenID

Rekomendasi

Istri Shalihah (2)
Khotbah

Istri Shalihah (2)

Al-Quran menyebutkan sebuah ayat tentang perempuan-perempuan shalihah sebagai berikut : فَالصَّالِحَاتُ قَانِتَاتٌ حَافِظَاتٌ ...

Tinggalkan Komentar

More in Berita