Ma’had Al-Jami’ah Kembali Gelar Pekan Olahraga dan Seni (PORSENI) XI

Pesantren.id – Ma’had Aljami’ah menyelenggarakan kegiatan PORSENI XI tahun 2022. Pembukaan PORSENI dilaksanakan pada sabtu pagi (12/3/22) bertempat di Sport Center UIN Raden Intan Lampung. Kegiatan ini diikuti oleh Mudir Ma’had Aljami’ah, jajaran pengurus Ma’had, dan seluruh Mahasantri Ma’had AlJami’ah.

PORSENI kali ini berbeda dengan PORSENI tahun sebelumnya. Tahun lalu, sebab keadaan yang belum memungkinkan untuk dilaksanakan secara tatap muka, PORSENI dilaksanakan secara online. Namun, tahun ini dengan keadaan yang mulai memberikan titik terang—PORSENI bisa dilaksanakan secara offline dengan tetap mengindahkan protokol kesehatan yang berlaku. Perlombaan juga dibagi di beberapa tempat supaya tidak terjadi kerumunan dan penyebaran Covid yang tidak diinginkan.

Pada PORSENI Ke-11 mengusung tema Explore Your Potential To be The Best Version Of Your Self . PORSENI kali ini diikuti oleh seluruh Mahasantri yang telah dikelompokkan menjadi 27 halaqoh. Adapun cabang perlombaan yang diadakan pada PORSENI terdiri dari cabang perlombaan dalam bidang seni, olahraga, dan akademik. Yaitu lomba futsal, badminton, gobak sodor, lari estafet, catur, jurnalistik, solo song, hasta karya, syarhil quran, desain grafis, video kreatif, tahfidz, kaligrafi, karya tulis ilmiah, dan tradisional song.

Ketua pelaksana, Ai Umir Fadilla menyampaikan dalam sambutannya bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mewadahi potensi dan bakat dari Seluruh Mahasantri Ma’had Ajami’ah. Ia mengaku bangga atas terselenggaranya PORSENI, karena tidak hanya sebagai ajang untuk berkompetisi saja, namun untuk memupuk kebersamaan, kekeluargaan, dan solidaritas yang semakin hebat dan kuat.

PORSENI dibuka secara resmi oleh Mudir Ma’had Aljami’ah, Ustadz Muhammad Nur, M.Hum. Beliau menyampaikan bahwa dalam PORSENI kali ini, ada tiga hal yang perlu diadu dan diperkuat, yaitu Akademic skills, Physical skills, dan artistic skills. “Tentunya meski dengan keterbatasan yang kita miliki, namun tidak membatasi kreatifitas kita” jelasnya. Beliau berharap, Mahasantri bisa mengikuti dengan maksimal dan menjadikan ajang perlombaan tidak hanya untuk kemenangan semata, namun juga sebagai proses membentuk integritas.

Baca Juga:  Eratkan Tali Silaturahmi, Ma'had al-Jami'ah UIN Raden Intan Lampung Gelar Halal Bihalal 1443 H

Pembukaan PORSENI berjalan dengan lancar dan meriah. Di akhir acara, turut dimeriahkan juga dengan penampilan-penampilan oleh Mahasantri, seperti penampilan Silat, Tari Muli Bekipas, dan Parade Cabang Perlombaan. []

Redaksi
Redaksi PesantrenID

Rekomendasi

Tinggalkan Komentar

More in Berita