Keutamaan Membaca Surat Yasin Di hari Kamis

Hari kamis adalah hari dimana salah satu hari yang penuh berkah bagi umat muslim. Maka dari itu banyak orang muslim yang ingin memperbanyak ibadah pada hari itu. Ada berapa Ustadz Mengatakan ada salah satu keutamaan di hari kamis yaitu dibukakkanya pintu-pintu surga. Hal ini sesuai hadis yang diriwayatkan oleh HR. Muslim berkata;

Pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apa pun akan diampuni dosa-dosannya, kecuali seseorang yang antara ia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap orang ini sampai keduanya berdamai.“ (HR. Muslim).

Berdasarkan Hadis di atas, keistimewaan hari kamis adalah hari pengampunan dosa. Di Hari kamis ini dan tepatnya di malam jum’at banyak orang yang pergi ke masjid untuk melakukan shalat dan selesai shalat magrib dilakukannya tidak hanya doa-doa seperti biasanya. Tetapi keistimewaan hari kamis selalu membaca Surat Yasin dan itupun dibacanya secara bersama-sama.  Surat Yasin sendiri merupakan surat ke 36 dalam al-Qur’an yang diturunkan di kota Mekkah. Surat Yasin dan Tahlil ini memiliki Keistimewaan bagi umat Muslim di Indonesia. Surat Yasin ini tidak hanya dibaca di malam Jum’at saja tapi bisa dibaca saat ada orang yang meninggak dunia.

Dalam sebuah hadis Rasullulah SAW menjelaskan bahwa siapa yang akan membaca Surat Yasin di malam hari, maka subuhnya dosa-dosanya akan di ampuni oleh Allah SWT.

Keutamaan Membaca Surat Yasin

  1. Untuk mati syahid

Di dalam hadis diriwayatkan HR. At-thobromi 7217 dari Ana bin Malin mengatakan. “ Barang siapa yang membiasakan membaca yasin setiap malam maka tanopa terduga dia menemui ajalnya, maka matinya dalam keadaan syahid.” ( HR. At-thobromi 7217 dari pernyataan Anas bin Malik)”.

  1. Diberikan kemudahan dan keberhasilan.
Baca Juga:  Keutamaan Shalat Dhuha dalam Kehidupan Sehari-Hari

Hadis sunnan daarimi jus 2 halaman 549 mengatakan.

 “Barang siapa yang membaca surat yasin dari pagi ini, maka pekerjaan dihari itu dimudagkan dengan keberhasilan, dan jika membacanya diakhir suatu hari maka tugasnya hingga pagi hari berikutnya akan dimudahkan juga.” (Sunnan daarimi juz 2 halaman 549).”

  1. Mendapatkan ketenangan batin.

Allah SWT berfirnab dalam syeag Ar-ra’ad ayat 28:

Ketahuilah hanya dengan berzikir dan membaca surah yasin semata-mata karena Allah SWT, maka hari menjadi tenang.” (Ar-ra’ad : 28)

  1. Menyembuhkan penyakit batin.

Membaca surat yasin dapat menyembuahkan penyakit hati, seperti; iri, benci, dan dengki. Agar hidup bisa jauh lebih tenang. Sesuai dengan firman Allah SWT pada surah Al-Baqarah ayar 186:

Apabila hamba-hambaku bertanya tentang aku maka jawablah mereka dekat denganku. Aku mengabulkan permohonan apabila ia memohon kepadaku. Maka hendaklah mereka memenuhi (segala perintahku) dan hendaknya mereka beriman kepadaku agar mereka selalu hidup dalam jalan kebenaran.”( QS. Al-Baqarah :186)”.

  1. Mempermudah keluarnya ruh pada orang yang akan meninggal.

surah Yasin memiliki keajaiban jika dibacakan kepada orang yang akan meninggal agar ruhnya bisa cepat keluar, ikhlas dan tidak mengalami masalah. Seperti dalam hadis menyatakan.

Disunnahkan membaca surat yasin disamping seseorang sedang menghadapi kematian.” (Al-Majmu’syaih Al-muhadzdzab 5/76 Dar’alim alkitab).”

  1. Terhindar dari siksa kubur

Jika kita membacanya surah yasin ke makam orang yang sudah meninggal, maka akan mengampuni segala dosa, kesalahan dan terhindar dari siksa kubur. Sesuai dalam hadis.

Barang siapa yang mengunjungi makam seseorang dan membacakan surah yasin makan pada hari itu Allah SWT meringankan siksa kubur mereka dan diberikannya kebaikan bagi sejumlah penghuni kubur diperkuburan itu”. (Tafsir Nur ats-tsagalayn 4/373)

  1. Memperoleh pahala berlipat ganda
Baca Juga:  Keutamaan Anjing Terpelajar

Dalam riwayat At-Tarmidzi dan Ad-Darimi, mereka menjelaskan bahwa Rasullulah SAW menjelaskan, Surah Yasin adalah jantung al-Qur’an. Dan siapa yang membaca al-Qur’an akan diberikan pahala sama seperti 10 kali membaca al-Qur’an.

  1. Memperoleh cahaya di hari kiamat

Dari Abu Huraira ra berkata: “Bahwa Rasulullah SAW bersabda.

Siapa yang mendengar satu ayat daripada kitab Allah Ta’ala (al-Qur’an) ditulis baginya satu kebaikan yang berlipat ganda. Siapa yang membacanya pula, baginya cahayanya di hari kiamat.

Demikianlah beberapa keutamaan Surah Yasin pada hari kamis. Pada dasarnya semua surah al-Qur’an itu baik. Manfaat membaca al-Qur’an dalam kehidupan bisa mempermudah segala urusan dan menjadi penolong kita di akhirat kelak. []

Yunita Fitriya Rahma
Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya

    Rekomendasi

    Tinggalkan Komentar

    More in Pustaka