Kepedulian Baznas Kepada Para Cendekiawan Ma’had Aly

Pendidikan adalah peran paling penting untuk kehidupan bangsa dan negara pada masas mendatang. Tanpa adanya pendidikan sebuah negara tidak bisa menuju perkambangan yang jauh lebih unggul karena seberapa unggulnya suatu negara dilihat dari segi berapa orang yang terdidik, bisa membedakan antara benar dan salah, anrata hak dan bathil dan lain sebagainya.

Pendidikan di Indonesia menurut sensus di beberapa artikel menyebutkan bahwasanya sebagian dari pelajar indonesia tidak ada minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi karena beberapa sebab, keterbatasan biaya adalah sebab yang sering mucul di dalam masalah ini.

BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) pada bulan september telah membuka beasiswa cendekia Ma’had Aly dan pada tanggal 25 November 2021 kemarin telah  mengucurkan beasiswa kepada para Mahasantri Ma’had Aly di seluruh indonesia yang dikira layak untuk mendapatkan beasiswa tersebut, lebih dari 50 Ma’had Aly telah menerima beasiswa ini, beasiswa cendekia Ma’had Aly merupakan progam bagi mahasantri semester 5 sesuai keputusan Mentri Agama No. 598/2020 tentang hasil Penilaian dan Evaluasi Ma’had Aly, adapun beasiswa tersebut yang nantinya akan di alokasikan untuk kepentingan pembiayaan menuntut ilmu di Ma’had Aly (jenjang setelah sekolah menengah atas yang setingkat dengan universitas).

“Beasiswa Cendekia Ma’had Aly dan Beasiswa Santri 2021 ini merupakan salah satu upaya Baznas untuk  untuk mensejahterakan umat, salah satunya melalui pendidikan,” ujar Pimpinan Baznas yang membawahi Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan, M. A.

Salah satunya penerima beasiswa adalah para mahasantri Ma’had Aly Nurul Burhani pondok pesantren Futuhiyyah yang beralamat kec. Mranggen kab. Demak. Sekitar puluhan mahasantri Ma’had Aly tersebut telah resmi mendapatkan beasiswa dari LAZNAS yang berbentuk sejumlah uang tunai yang nantinya akan dialokasikan untuk pembayaran UKT (Uang Kuliah Tunggal) setiap bulannya selama kurun dua tahun atau sampai lulus.

Baca Juga:  Gus Baha Cendekiawan Rakyat Melawan Hegemoni

Kehadiran beasiswa dari LAZNAS disambut dengan respon positif oleh para mahasantri sebabnya adanya beasiswa tersebut sangatlah membantu untuk memenuhi biaaya ataupun kebutuhan lainnya guna untuk kepentingan menuntut ilmu bagi yang kurang mampu maupun mahasantri yang ingin mandiri tanpa meminta orang tua. “Alhamduliiah saya sangatlah senang dan bersyukur karena telah mendapatkan  beasiswa dari LAZNAS, dengan uang ini saya hanya fokus untuk pengelolaan uang saku tanpa memikirkan UKT perbulan” tutur dari Nisfatul Laila salah satu mahasantri Ma’had Aly Nurul Burhani yang lolos dalam mendapatkan beasiswa.

Menurut pendapat dari  Ahmad Muhammad Faizin selaku wakil Mudir dalam bidang Kemahasantrian menuturkan “Eksistensi beasiswa ini menurut saya adalah suatu kegiatan yang sangat bermanfaat untuk mensukseskan para mahasantri untuk agar selalu tetap belajar dan tidak putus kuliah karena hanya kendala dalam sebuah pembiayaan”.

Pada dasarnya LAZNAS adalah sebuah Lembaga Amil Zakat Nasional yang patut diakui sebagai lembaga yang responsif dalam memberikan sebuah kemajuan untuk umat yang sangat membutuhkan bantuan, kesiapan dan keikutsertaan dalam meperdayakan umat menjadikan  tolong menolong antara umat islam adalah kunci untuk menjadikan kesatuan dan kemajuan umat islam. Semoga apa yang diharapkan oleh Baznas menjadi sebuah jalan untuk kemajuan dan kemakmuran para pelajar khususnya para santri yang masih jarang dilirik oleh lembaga lain. []

Ibnu Chobilisna
Mahasantri Ma’had Aly Nurul Burhani Sebagai penerima Beasiswa Cendekia Baznas tahun 2021

Rekomendasi

buku
Opini

Menulis Buku

Tulisan ini seharusnya terbit dalam rangka memperingati hari buku nasional. Tentu tidak akan ...

1 Comment

Tinggalkan Komentar

More in Berita