Kendala Jaringan Internet mewarnai KSM Tingkat Provinsi Tahun 2021

Pesantren.id – Kegiatan penutupan rangkaian KSM Tingakat Provinsi di Yogyakarta pada tanggal 20 September 2021 dihadiri oleh Prof. M. Isom. M.Ag., selaku Direktur pada Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama. Kegiatan penutupan ini dilakasanakan pada pukul 16.00 WIB di ruang Ratu Boko di El Royal Hotel Yogyakarta. Kegiatan penutuan berjalan dengan lancar disertai penyampaian laporan kegiatan yang telah berlangsung. “Terima kasih kepada seluruh tim yang telah bekerja dengan maksimal dalam kegiatan KSM ini. Saya berpesan, agar kegiatan KSM ini selalu menjaga integritas, objektifitas, dan transparasi agar terjaga kualitas dan mutunya,” tutur beliau.

Kegiatan penutupan ini dibuka oleh Dra Nanik Puji Hastuti, M.Si. Peserta KSM Tingkat Provinsi ini merupakan peserta KSM yang telah lolos dari KSM Tingkat Kabupaten/Kota. “Peserta kegiatan ini merupakan peserta berprestasi yang telah berhasil melewati KSM tahap pertama, yaitu Tingkat kabupaten/Kota yang telah dilaksanakan pada tanggal 21-23 Agustus 2021,” tutur Nanik Pujiastusi sebagai Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Madya pada Subdirektorat Kesiswaan Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama.

Jumlah seluruh peserta dari kegiatan KSM Tingkat Provinsi ini sebanyak 99,35% dari total keseluruhan peserta. Menurut laporan yang disampaikan oleh masing-masing proktor, beberapa peserta yang tidak hadir dikarenakan sedang dalam keadaan sakit. Selain kendala tersebut, ada peserta yang sudah pindah sekolah sehingga peserta tersebut tidak bisa mengikuti KSM pada tingkat Provinsi ini.

Kendala Jaringan Internet mewarnai KSM Tingkat Provinsi Tahun 2021

Penilaian KSM ini ditampilan secara keseluruhan di web KSM. Hal ini guna pemenuhan prinsip transparasi hasil KSM. “Hasil nilai seluruh peserta ditampilkan di web KSM, agar anak-anak, guru dan orangtua siswa dapat mengakses dengan mudah,” tutur Hanif Asyhar salah satu Tim Ahli dari UIN Sunan Ampel Surabaya.

Baca Juga:  Kitab Mafatih Al-'Ulum: Al-Khawarizmi (1)

Sertifikat pelaksanaan peserta kegiatan bisa diunduh langsung pada akun madrasah masing-masing peserta. Masih dituturkan oleh Nanik, pengunduhan sertifikat secara langsung ini merupakan sebuah peningkata dalam hal penyampaian sertifikat kepada seluruh peserta. “Tidak lupa juga agar panitia menyampaikan pengumuman terkait sertifikat peserta kepada masing-masing petugas di tiap Kanwil. Hal ini sebagai bentuk tindak lanjut kasus-kasus dimana peserta pada KSM-KSM sebelumnya merasa kesulitan mendapat sertifikat.

Penyusunan soal tingkat nasional akan diselenggarakan pada tanggal 1-3 Oktober 2021. Kegiatan ini akan diselenggarakan di Surabaya secara luring dan daring. Menurut rencana, penyusunan soal tingkat nasional ini melibatkan banyak ahli pada masing-masing bidang. Hal ini sudah sesuai dengan standart penyusunan soal untuk kompetisi nasional. Rencananya soal tingkat nasional ini masih menggunakan aplikasi CBT. []

Redaksi
Redaksi PesantrenID

Rekomendasi

Tinggalkan Komentar

More in Berita