In Memoriam KH. Imam Sya'roni: Sosok Inklusif-Egaliter

Katib Syuriyah PWNU Jateng dan Pengasuh Pondok Pesantren yang terletak di dekat makam Mbah Terboyo Semarang ini dipanggil ke hadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala, Senin, 20 Desember 2021 saat perjalanan menuju Lampung untuk mengikuti Muktamar NU ke-34.

Pengalaman penulis bertemu dengan Al-Marhum-Al-Maghfurlah adalah saat PKPNU (Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama) di Kabupeten Pati. Salah satunya saat beliau mengisi PKPNU angkatan 2 di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Pakis dan di Majlis Wakil Cabang NU Kecamatan Trangkil Pati.

Inklusif

Beliau sosok yang inklusif pemikirannya. Selain belajar di PP. Al-Anwar Sarang Rembang di bawah bimbingan langsung KH. Maimoen Zubair, beliau adalah sosok akademisi. Penulis ketemu saat beliau meneruskan studi magister (S2) di IAIN/UIN Walisongo Semarang.

Beliau membaca pemikiran-pemikiran baru dari banyak pemikir. Beliau sering bertanya kepada penulis soal buku-buku penulis. Beliau ingin memilikinya.

Ketika menyampaikan materi Aswaja, beliau mengambil banyak referensi, baik klasik dan kontemporer. Beliau membuat power point yang sistematis dan komprehensif sehingga audiens tercerahkan dan mendapat pengayaan keilmuan yang memadai.

Sejarah Islam sejak era Nabi, sahabat, tabi’in, tabi’it tabi’in, imam mujtahid dan sampai sekarang dikupas tuntas sehingga kader-kader NU termotivasi untuk memberikan kontribusi bagi peradaban Islam yang dinamis dan humanis.

Egaliter

KH. Imam Sya’roni adalah sosok yang egaliter. Beliau mudah bergaul dengan siapapun dan tidak menjaga jarak. Meskipun beliau seorang pengasuh pesantren dan Katib Syuriyah PWNU Jateng, namun beliau sosok egaliter, fleksibel, dan populis.

Ketika bersama beliau, maka perbincangan berjalan dengan hangat dan kemana-mana sehingga teman bicaranya nyaman dan bisa ngimbangi topik yang dibincangkan. Beliau sering bertanya tentang pondok penulis di Jombang.

Baca Juga:  Dua Pendekar Ulama

Ketika di Pakis, salah satu gojlokan beliau kepada penulis yang selalu saya ingat adalah “Mas Jamal ini sudah S3, tapi kok penampilannya masih kayak santri, kemproh, tidak teratur, amburadul”. Penulis tertawa tergopoh-gopoh mendengar joke khas Kiai Imam Sya’roni ini dan memang seperti itu (wong deso so he2).

Selamat jalan Kiai. Jenengan dipanggil Allah Ta’ala saat menunaikan tugas suci, menghadiri Muktamar NU ke-34 di Lampung yang insya Allah akan terlaksana pada tanggal 22-23 Desember 2021. Saya yakin Jenengan diakui santri Hadlratussyaikh KH. M. Hasyim Asy’ari yang didoakan sekeluarga husnul khatimah, amiin. Semoga kami mampu meneladani perjuangan Panjenengan, Aamiin. []

أشهد أن الشيخ امام شعراني من أهل الخير الخالص وأهل الجنة ومن زمرة جمعية نهضة العلماء وعلمائها ومحركيها الناشطين والمجتهدين في تقديمها.

تغمده الله تعالي بالرحمة والمغفرة واسكنه فسيح جناته امين يا رب العالمين

Pati, Senin, 20 Desember 2021

Dr. H. Jamal Makmur AS., M.A.
Penulis, Wakil Ketua PCNU Kabupaten Pati, dan Peneliti di IPMAFA Pati

    Rekomendasi

    Tinggalkan Komentar

    More in Ulama