Digital Marketing Berbasis Syariah

Pemasaran merupakan salah satu kegiatan pokok yang dilakukan perusahaan dalam rangka mencapai tujuan yaitu mempertahankan kelangsungan hidup untuk mengembangkan perusahaan tersebut dan juga memperoleh laba. Kotler dan Gary Armstrong mendefinisikan bahwa pemasaran merupakan suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan cara menciptakan, menawarkan dan secara bebas mempertukarkan produk dan jasa yang bernilai dengan pihak lain. Dari definisi dapat disimpulkan bahwasannya pemasaran memiliki arti yang lebih luas daripada penjualan, pemasaran mencakup usaha dengan mengidentifikasi kebutuhan konsumen yang perlu dipuaskan, menentukan harga produk yang sesuai dan menentukan bagaimana cara promosi serta penjualan produk.

Seiring berjalannya zaman, teknologi juga mengalami perkembangan yang signifikan. Kemajuan teknologi telah membawa banyak perubahan pada peradaban manusia dimana hampir seluruh manusia memanfaatkan teknologi seperti misalnya berkomunikasi bisa dilakukan lewat media sosial, berbelanja menggunakan fitur e-commerce, dan mencari segala informasi melalui internet. Perusahaan atau pelaku bisnis harus mulai menyadari kekuatan terbesar dibalik perkembangan teknologi ini.

Kehadiran teknologi memberikan kemudahan bagi perusahaan atau pelaku bisnis dalam berinteraksi dengan calon konsumennya melalui media sosial dan website. Terlebih lagi, sekarang manusia cenderung memilih berinteraksi lewat media sosial ketimbang berinteraksi secara langsung. Oleh sebab itu, perusahaan atau pelaku bisnis harus memanfaatkan celah tersebut untuk menarik individu-individu untuk mengunjungi situs yang telah dibuat dengan rangka memenuhi tujuan pemasaran. Nah, dari hal tersebutlah muncul digital marketing

Digital marketing dinilai mampu menjangkau semua kalangan, dimana pun, kapan pun dan dengan cara apapun. Digital Marketing merupakan kegiatan pemasaran yang memanfaatkan perkembangan teknologi dengan menggunakan berbagai media berbasis web seperti blog, website, dan media sosial

Baca Juga:  Korona, Video Call dengan Ajnabi, Bagaimana Hukumnya?

Dalam segi pengaksesannya pun digital marketing mudah diakses tidak hanya lewat computer tapi juga dapat diakses melewati smarthphone. Digital marketing pada dasarnya merupakan sesuatu yang berkaitan dengan ide-ide yang dituangkan dalam dunia digital, hal yang menjadi tolak ukur sukses atau tidaknya adalah ketika produk-produk yang ditawarkan sampai ke masyarakat dan menjadi topik perbincangan masyarakat.

Berbisnis merupakan kegiatan yang dianjurkan dalam Islam. Bahkan di hadist, Rasulullah Saw telah menyatakan bahwa 9 dari 10 pintu rejeki adalah melalui berdagang. Sebagai negara dengan jumlah umat muslim terbesar di dunia, masyarakat Indonesia khusunya umat Islam yang menjadi pelaku bisnis hendaknya tetap mengikuti perkembangan teknologi ini. Strategi pemasaran guna meningkatkan penjualan produk juga harus diperhatikan apakah sudah sesuai syariah Islam atau belum. Tidak hanya itu, strategi pemasaran juga harus mengedepankan prinsip maqashid syariah yaitu memelihara agama, memelihara jiwa, memeliha akal, memelihara nassab/keturunan dan memelihara harta.

Islam memang menghalalkan usaha perdagangan, perniagaan dan jual beli. Namun, untuk pelaku bisnis yang beragama Islam dituntut untuk melakukan kegiatan bisnis sesuai dengan prinsip syariah. Digital marketing yang telah sesuai dengan prinsip syariah dapat dilihat dengan mengikuti beberapa petunjuk yang telah dijelaskan di dalam Al-qur’an mengenai etika perdagangan, penjualan atau pemasaran. Disisi lain, akhlak pelaku digital marketing juga harus mencerminkan sifat-sifat yang dicontohkan Nabi Muhammad Saw dalam berbisnis yaitu shidiq (benar dan jujur), amanah (terpercaya), fathanah (cerdas) dan tablig (komunikatif). Pelaku bisnis yang menggunakan dan memenuhi etika Islam tersebut, suatu usaha akan berkembang pesat karena selalu mendapat berkah dari Allah SWT baik di dunia maupun di akhirat.

Muhammad Luthfi
Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah INISNU Temanggung.

Rekomendasi

Opini

Menjadi Tuhan

Jamak dimafhumi dalam kehidupan sehari-hari tentang adagium sederhana yang kerap dilontarkan dalam ruang ...

Tinggalkan Komentar

More in Opini