Dalam Mewujudkan Visi Internasional, Fst Uinsa Gelar Lomba Karya Tulis Ilmiah Internasional

Surabaya, Pesantren.id – Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Ampel Surabaya bekerjasama dengan University Teknologi MARA, Malaysia beserta dengan mitra dalam dan luar negeri yang lain menyelenggarakan kompetisi bertaraf internasional yang bertajuk UINSA International Young Scientist Competition (UIYSC).

Kegiatan ini dimulai beberapa bulan yang lalu yang dimulai dengan sosialisasi dan pendaftaran peserta. Sedangkan makalah yang terpilih di presentasikan secara virtualk dihadapan para juri internasional pada hari sabtu (2/7/2022). Sedangkan pengumuman lomba dan penganugrahan juara disampaikan pada minggu (3/7/2022).

UIYSC merupakan salah satu kompetisi yang memfasilitasi kreativitas siswa dan mahasiswa di berbagai negara untuk berinovasi dan menampilkan karya mereka dari berbagai disiplin keilmuan yang dapat memberikan kontribusi pada perkembangan ilmu pengetahuan. Kompetisi ini diikuti pelajar tingkat sekolah (SMP-SMA) sampai mahasiswa S1 dari berbagai negara dan membentuk tim (2-5 anggota). Tiap tim hanya diperbolehkan mengirimkan satu karya dari beberapa sub tema yang dilombakan.

Yuanita Rachmawati, selaku ketua panitia UIYSC 2022, menyampaikan bahwa UIYSC 2022 diikuti oleh 165 pendaftar dan 50 tim dinyatakan sebagai finalis yang berasal dari 18 institusi. UIYSC juga berasosiasi dengan 10 institusi dengan mengirimkan juri antara lain Universiti Teknologi MARA (UiTM MARA) Cabang Perlis, Malaysia, Universiti Malaysia Pahang, International Islamic University Malaysia, Shaikh Zayed University of Afghanistan, GENBINESIA Foundation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Universitas Al-Ahqaf of Yaman, ML Consultant of Germany, Kumamoto University of Japan, Edinburgh University of Scotland.

Beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada inisiator UIYSC, Prof. Dr. Evi Fatimatur Rusydiyah, M.Ag., semua finalis, para judges, partners, dan semua anggota yang telah membantu terlaksananya UIYSC sehinga dapat berjalan dengan lancar.

Baca Juga:  Konferensi Internasional KUPI II: Ajak Perempuan Lebih Militan

Dan Special Award Dean Award: Hygea (SMA Tunas Mekar Indonesia, Bandar Lampung), Rector UiTM MARA Grand Award: Yolov5nsmlx (Matematika, UIN Sunan Ampel Surabaya), Rector UIN Sunan Ampel Surabaya Grand Award: UiTM Team (Fakultas Computer and Mathematical Sciences, Universitas Teknologi MARA) dan Best Supervisor: Dian Candra Rini Novitasari, M.Kom dosen prodi matematika FST UINSA yang mengirimkan yang terbanyak dari bimbingannya untuk iven ini.

Menurut Yuanita, “penilaian ini murni dari para juri, kita panitia hanya merekap dan mengumumkan saja. Selanjutnya hadiah penghargaan dalam bentuk medali emas, perak, dan perunggu serta tropi penghargaan akan di pos kan ke alamat peserta masing-masing”, tandas dosen biologi FST UINSA ini.

Yusuf Amrozi, M.MT selaku wakil dekan III Fak. Saintek UINSA mewakili manajemen pada momen pengumuman juara ini menyampaikan bahwa dalam rangka untuk mewujudkan visi internasional, maka kegiatan kegiatan lomba internasional ini dilakukan, selain untuk mencari talenta muda dalam hal inovasi juga untuk menjalin kolaborasi internasional.

Dengan demikian lambat laun akan terbentuk pengakuan internasional (international recognition). Yusuf menambahkan iven lomba internasional ini akan didesain untuk dilaksanakan dalam waktu dua tahun sekali. Sebelum acara penganugrahan juara ini, hari sabtu (2/7/2022) telah dilaksanakan seminar internasional yang menghadirkan 2 pembicara asing dan satu dalam negeri, yang dilanjutkan presentasi para finalis lomba karya tulis ilmiah ini. Berikut para peraih medali emas (Gold Medal) UIYSC 2022:

https://drive.google.com/file/d/1Kaj51uASrnt7X_L-CjSU8oukqmrC3-ci/view?usp=sharing

Redaksi
Redaksi PesantrenID

Rekomendasi

Tinggalkan Komentar

More in Berita