Baiat Pagar Nusa Di Pesantren Nasyrul Ulum

Halaman Pondok Pesantren Nasyrul  Ulum Aengdake Bluto Sumenep  yang di asuh oleh KH. A. Hamid Mannan Munif, di padati ribuan santri se-Kabupaten Sumenep,  yang melakukan atraksinya di halaman Pondok Pesantren Nasyrul Ulum  di mulai dari  pukul 07:00 sampai pukul  09:50 WIB dengan berbagai   jurus dan penampilan menyalakan  petasan yang diletakkan ditangan dari Utusan Pagar Nusa Ambunten.    Atraksi  ini dipandu langsung oleh bapak Zaini, selaku Pengurus Pagar Nusa Sumenep,  pada Komisi  kependekaran, Ahad (23/01/2022).

Sekitar  pukul 10:00 WIB seluruh undangan diarahkan  untuk memasuki  Aula  Pondok Pesantren Nasyrul Ulum  untuk mengikuti  acara  baiat  yang dipandu oleh MC Ustadz  Nunung.  Undangan VIP yang hadir pada acara ini adalah Wakil Bupati Sumenep Nyai Dewi Khalifah, Ketua  NU Jawa Timur Kiai Marzuki Mustamar,  Gus Nabil, selaku Ketua Pagar Nusa Pusat, Gus Muhit sebagai  ketua Pagar Nusa Wilayah Jawa Timur.

Sementara untuk undangan umum,  merupakan  utusan dari pengurus  MWC  NU Se-Kabupaten Sumenep serta pengurus Banom,  sesuai dengan  agenda dalam  surat undangan. Acara ini di mulai  dari pukul 10:00 sampai selesai,  dengan   rentetan acara : pembukaan, Qiraah al-Qur’an, selawat Nabi,  sambutan-sambutan, ceramah  dan diakhiri dengan dan ditutup dengan doa.

Acara pembukaan  yang diisi dengan tawassulan  ini  dipimpin langsung oleh Ketua Rois NU Cabang Sumenep Kiai Hafidzi Syarbini. Lalu dilanjut dengan pembacaan ayat suci al-Qur’an  dilanjut dengan pembacaan selawat badar  yang dikumandangkan  oleh Ustadz Abdul Jalil. Dia adalah salah satu Peraih juara 3 pada  lomba MTQ se-Jawa timur yang dilaksanakan di Kabupaten Pemekasan pada Tahun 2021.

Pelantikan Pagar Nusa  Pengurus  Cabang Sumenep  ini dipandu langsung  oleh Gus Nabil selaku Ketua Pagar Nusa Pusat.  Sementara untuk pelantikan PSNU  Anak Cabang, dipandu oleh pengurus wilayah Jawa Timur, yang  dalam hal ini dibacakan oleh Gus Muhit.

Baca Juga:  Nabil Haroen: Pagar Nusa Fokus Siapkan Pendekar Berprestasi

Sambutan  pertama disampaikan oleh Ketua Pagar Nusa NU Cabang Sumenep,  Abd Muis Aliwafa.  Beliau menyampaikan bahwa  acara pelantikan sebenarnya sudah dirancang  sekitar dua Tahun yang lalu,  namun karena berbagai rintangan dan halangan  diantaranya adanya virus corana yang merebak di Indonesia, Khususnya di Wilayah Sumenep, akhirnya ditunda pada hari ini Ahad,  23/01/2022. Beliau berharap semoga kedepannya seluruh pengurus yang dilantik pada hari ini mampu mengemban amanah organisasi dan mampu menjaga nama baik organisasi. “Alhamdulillah,  pada hari ini kita dilantik  sekaligus  merayakan hari lahir  lahir PSNU  Pagar Nusa yang ke-36”,  tutur Abd Muiz.

Selanjutnya   ceramah ke- NU-an  disampaikan  langsung  oleh Kiai Marzuki Mustamar selaku ketua NU Wilayah Jawa Timur. Beliau menyampaikan dalam ceramahnya  “Semoga kalian semua  yang hadir   diakui sebagai santrinya Embah Hasyim As’ary, dan marilah jaga kebersamaan kita agar tidak tercerai berai dengan fitnah-fitnah di media sosial”.

Lebih lanjut ia menyampaikan “Sinfani min an-nas, fahuwa al ulama wal umara. idza fasada  fasada  an-nas. wa idza shaluhat ,sholuha an-nas” (Ada dua golongan manusia yaitu ulama dan pemimpin, apabila keduanya rusak maka rusaklah manusia,  jika keduanya  baik  maka baiklah manusia).

Pada akhir acara, Gus Nabil menyampaikan kekagumannya  kepada PSNU  Sumenep kerena sangat kompak.  Beliau juga berjanji akan  mensupport  bahan material berupa 400 Semen jika nantinya Pagar Nusa Sumenep memiliki tanah untuk dibangun padepokan Pagar Nusa. Semoga bermanfaat.

Redaksi
Redaksi PesantrenID

Rekomendasi

Tinggalkan Komentar

More in Berita